Banyak Sampah Plastik di Sungai Ciliwung, Yuk Bersihkan agar Bisa Jadi Sarana Eduwisata

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 18:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 406 2238998 banyak-sampah-plastik-di-sungai-ciliwung-yuk-bersihkan-agar-bisa-jadi-sarana-eduwisata-9H5dFnKvKL.jpg Ilustrasi. (Okezone)

MASALAH sampah dan lingkungan bukanlah masalah asing lagi bagi kita. Dampaknya yang besar bagi lingkungan pun semakin hari menyita perhatian kita.

Perhatian ini pun diwujudkan dalam berbagai upaya. Salah satunya mengolah sampah-sampah agar tidak terbuang begitu saja.

Salah satu yang terbaru adalah hadirnya Tempat Olahan Sampah Sungai Gerakan Ciliwung Bersih (TOSS-GCB). Program penanganan sampah karya anak bangsa merupakan kolaborasi komunitas dengan pemerintah, yang bertujuan untuk menjaga kebersihan aliran Sungai Ciliwung.

ciliwung

Ketua Gerakan Ciliwung Bersih Peni Susanti menyebut, Sungai Ciliwung dikenal sebagai sungai yang tercemar oleh sampah dan kotoran. Hal ini sungguh disayangkan, karena dahulu sungai ini adalah sumber air minum masyarakat.

"Sungai Ciliwung telah lama dimanfaatkan sebagai bahan baku air minum. Sayangnya Sunga Ciliwung telah tercemar oleh sampah, baik plastik, domestik rumah tangga, dan juga biomassa," ungkap Peni lewat keterangan resminya.

Peni menggandeng Inovator Sampah TOSS Sonny Djatnika Sundadjadja dalam mengelola membuat sampah Sungai Ciliwung. Dia mengelola sampah menjadi energi dalam bentuk briket/pellet. Energi ini dapat digunakan menjadi bahan bakar pengganti minyak tanah dan keperluan rumah tangga lainnya.

Peni menambahkan, ia ingin hadirnya program ini tidak hanya sebatas pada kegiatan bersih-bersih sungai, tetapi juga edukasi lingkungan. Bahkan nantinya Sungai Ciliwung dapat menjadi eduwisata yang menarik untuk warga ibu kota.

"Diharapkan mampu menjadi sarana edukasi dan wisata (edu-wisata) bagi masyarakat luas khususnya yang berada di Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciliwung," tambahnya.

Sementara itu, Head of Corporate Communications Division PT Indofood Sukses Makmur Tbk Stefanus Indrayana setuju jika ada program baik untuk menjaga kelestarian lingkungan. Khususnya dalam pengelolaan sampah di Sungai Ciliwung.

"Dengan adanya program ini, masyarakat akan lebih teredukasi dengan isu kebersihan lingkungan. Sampah-sampah yang terkumpul pun dapat diolah menjadi sesuatu yang baru dengan nilai tambah. Usaha ini sekaligus mengurangi sampah yang mengalir ke laut," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini