Cek Fakta, Sabun yang Diencerkan Air Tak Efektif Bunuh Covid-19?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 09:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 30 481 2238602 cek-fakta-sabun-yang-diencerkan-air-tak-efektif-bunuh-covid-19-cr2i9hBPJG.jpg Wastafel portabel untuk cuci tangan (Foto : ist)

Pernah menemukan sabun cuci tangan di tempat umum yang terlalu encer, bahkan ketika dipakai tak mengeluarkan busa lagi?

Kondisi ini diterangkan Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Abdullah Mansuri banyak ditemukan di pasar. Karena itu dia terus mendorong agar pengelola pasar tidak melakukan upaya tersebut.

"Banyak ditemukan botol-botol sabun cuci tangan yang isiannya sudah dicampur dengan air sehingga terlalu encer," katanya di Graha BNPB, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Wastafel Portabel

Tidak hanya di pasar tradisional, kejadian sabun cuci tangan terlalu encer pun bisa Anda temukan di tempat umum lainnya. Hal ini memberi tanda tanya besar, apakah sabun yang sudah diencerkan tetap efektif membunuh virus corona?

Sebelum menjawab hal itu, kita semua tahu bahwa sabun merupakan musuh nyata virus corona. Itu kenapa pemerintah dan seluruh dokter mengimbau kita untuk rajin cuci tangan yang benar dengan sabun secara rutin.

Baca Juga : Jangan Sampai Lupa, Ini 9 Langkah Cuci Tangan yang Benar

Cuci tangan yang disarankan adalah dengan menggunakan sabun dan dilakukan selama 20 detik. Langkah cuci tangan pun mesti diperhatikan, yaitu 7 tahapan, mulai dari telapak tangan, sela-sela jari, hingga muka tangan.

Nah, kembali ke pertanyaan di awal, apakah sabun yang diencerkan tak lagi efektif membunuh virus corona, Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Indah Fitriani menjawab tidak.

Dengan kata lain, sabun yang diencerkan dengan air hingga kandungan sabunnya sangat kecil, tidak akan bisa membunuh virus corona yang tengah kita lawan saat ini.

"Sabun yang diencerkan tentu efektivitasnya berkurang, apalagi kalau rasio air lebih banyak daripada rasio sabunnya. Ini tentu menjadi tidak efektif lagi," katanya saat diwawancara Okezone, Selasa (30/6/2020).

Dokter Indah melanjutkan, hal ini pun berlaku untuk hand sanitizer yang diencerkan dengan air. Benda tersebut pun akan tidak efektif lagi fungsinya dalam membunuh virus corona.

Karena itu, dr Indah mengimbau agar masyarakat membawa sabun sendiri. Sebab, sadar atau tidak, pencetan botol sabun yang ada di fasilitas umum jadi sarang kuman juga.

"Pencetan sabunnya kan disentuh banyak orang. Ya, jadi sumber penyebaran kuman. Tapi, kalau Anda yakin cuci tangan dengan benar pakai 6-7 langkah cuci tangan dan lama mencuci tangan 20 detik, saya rasa aman," tambahnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini