Lokcdown Bikin Si Kecil Jadi Gendut, Ajak Diet dengan Cara Ini Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 30 Juni 2020 13:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 06 30 481 2238749 lokcdown-bikin-si-kecil-jadi-gendut-ajak-diet-dengan-cara-ini-yuk-a71kAnB9B2.jpg Anak gendut (Foto: The Journal Times)

Orang dewasa bukan satu-satunya yang memiliki masalah pola makan dan obesitas di masa karantina. Sebuah penelitian di İtalia menyoroti meningkatnya kasus obesitas pada anak-anak selama lockdown.

Pola tidur anak-anak meningkat, penggunaan ponsel, serta jumlah konsumsi makanan yang lebih banyak dari biasanya. Sedangkan mereka belum ada aktivitas untuk membakar kalori ekstra.

Dalam situasi seperti itu, bagaimana Anda bisa mengatur pola makan anak Anda untuk melindungi mereka dari obesitas?

 terlalu banyak burger bikin gendut

Seperti dilansir dari Times of India, Dokter Spesialis Nutrisi Anak, Suneet Khana memberikan panduan untuk diet anak sebagai berikut.

 

1. Cari tahu makanan yang disukai anak

Duduklah bersama anak Anda dan buat daftar makanan yang mereka sukai. Catat juga jika ia menyukai makanan cepat saji. Kemudian secara terpisah cantumkan setiap item yang tinggi karbohidrat, rendah protein, dan nutrisi lainnya. Tujuannya adalah untuk membandingkan makanan tersebut dan menyiapkannya dalam versi terbaik. Tentunya tidak mengurangi rasa dan jauh lebih sehat.

2. Sempurnakan preferensi mereka

Mengisi piring dengan makanan yang lebih sehat dimulai dari menyingkirkan bahan-bahan kurang baik dengan yang tidak berbahaya. Seperti mengganti minyak nabati olahan dengan minyak zaitun murni. Dan jangan memasukkan lebih dari 2 sendok makan minyak ke dalam apapun yang Anda masak untuk si kecil.

Pastikan apapun yang Anda sajikan kepada anak Anda dibuat di rumah dengan kandungan karbohidrat rendah dan protein yang terkontrol. Selalu teliti nilai gizi dari sebuah hidangan sebelum disajikan, sehingga Anda dapat menyeimbangkan kalori sepanjang hari.

 

3. Ciptakan variasi makanan

Jangan terlalu membuat jadwal diet yang ketat. Karena anak-anak mudah bosan dan mereka bisa stres. Jika anak suka burger, gunakan gandum dan bukan olahan roti serbaguna.

 Baca juga: Cek Fakta, Sabun yang Diencerkan Air Tak Efektif Bunuh Covid-19?

Bereksperimenlah untuk membuat berbagai variasi makanan untuk anak Anda. Dengan catatan, pastikan semua bahan-bahan yang digunakan alami dan sehat serta tak menggemukkan.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini