Laudya Cynthia Bella Cerai, Psikolog: Ada Banyak Faktor Pasangan Menikah Pilih Bercerai

Rabu 01 Juli 2020 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 196 2239480 laudya-cynthia-bella-cerai-psikolog-ada-banyak-faktor-pasangan-menikah-pilih-bercerai-qReyo3eOxz.jpg Laudya Cynthia Bella (Foto: Inst)

Laudya Chyntia Bella akhirnya mengakui perceraiannya dengan pria asal Malaysia, Engku Emran. Sebelumnya memang sudah tersebar kabar keretakan rumah tangga pasangan yang baru menikah selama 2 tahun.

Lalu mengapa pasangan bisa bercerai meski pernikahan baru sebentar?

 Bella saat masih bersama

Psikolog anak dan keluarga Samanta Ananta, M.Psi menjelaskan, ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pasangan yang baru sebentar menikah memilih untuk bercerai. Salah satunya perihal adanya konflik besar dalam rumah tangga yang sulit diselesaikan oleh pasangan.

"Di antaranya karena ada konflik yang besar yang tidak diperhitungkan sebelum menikah dan sangat sulit diselesaikan oleh pasangan. Ada perbedaan besar pada karakter masing-masing pasangan yang tidak dapat ditolerir satu sama lain, masalah finansial, masalah kesetiaan, dan pengkhiatan cinta," kata Samanta, Rabu (1/7/2020).

Seperti dilansir Sindo News, selama ini, ujar Samanta, masyarakat banyak yang beranggapan bahwa masa perkenalan yang singkat menjadi salah satu faktor penyebab pasangan suami-istri cepat bercerai. Alasannya karena kurang mengenal pasangan.

Kendati demikian, Samanta menjelaskan bahwa hingga saat ini tidak ada data pasti yang menyebutkan faktor perceraian cepat karena masa penjajakan hubungan yang sebentar. Alih-alih berfokus pada masa perkenalan, perceraian berkaitan dengan kualitas hubungan yang dijalani serta aspek kepribadian masing-masing.

"Hingga saat ini tidak ada data yang secara pasti menyebutkan faktor cerai cepat karena berkenalan atau masa penjajakan hubungan yang sebentar. Banyak yang pacarannya lama, bisa belasan tahun, tapi saat menikah hanya bertahan sebentar sekali," jelas Samanta.

Baca juga: Selamat Hari Bhayangkara, 5 Polwan Cantik Ini Siap Melindungi Negara

 

"Ini terkait kualitas hubungan yang dijalani serta aspek kepribadian masing-masing pasangan juga. Sering kali orang merasa kalau sudah menikah, maka berarti sudah di fase aman untuk hubungannya. Akibatnya tidak melakukan upaya-upaya untuk menjaga hubungan agar selalu intim bersama pasangan," sambungnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini