Belajar Secara Online, Orangtua Diminta Tak Ambil Alih Tugas Anak Demi Nilai Bagus

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 196 2239508 belajar-secara-online-orangtua-diminta-tak-ambil-alih-tugas-anak-demi-nilai-bagus-n7BNYM1r8W.jpg Belajar dari rumah (Foto: CNET)

Pandemi Covid-19 memaksa kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah secara online. Ini dilakukan guna menekan penularan virus corona.

Tenaga pendidik sekaligus pendiri sekolah Cikal, Najelaa Shihab mengatakan, selama melaksanakan kegiatan belajar mengajar dari rumah, dia meminta orangtua tidak mengambil alih tugas anak hanya karena semata-mata ingin anaknya mendapatkan nilai bagus.

 anak belajar dari rumah

"Ini yang disebut tidak paham tujuan belajar. Tujuan belajar bukan untuk mendapatkan nilai yang sempurna tetapi justru melatih anak untuk bertanggung jawab mengerjakan tugasnya sendiri," katanya melalui telekonferensi, Selasa (1/7/2020).

Jika dirasa ada kesulitan, lanjut Najelaa, komunikasikan hal tersebut kepada guru. Karena kemampuan berpikir tiap anak berbeda. Bisa saja dibutuhkan metode lain yang membuat si anak paham.

Baca juga: Selamat Hari Bhayangkara, 5 Polwan Cantik Ini Siap Melindungi Negara

"Intinya jangan dijadikan beban. Orangtua dan anak tidak perlu terlalu stres menghadapi situasi ini. Percayalah, dengan adanya pandemi ini terdapat hikmah yang bisa melatih anak bahwa belajar itu bisa dari mana saja, tidak melulu harus di sekolah," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini