Share

4 Kuliner yang Wajib Dicicipi saat Liburan ke Banten

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 298 2239403 4-kuliner-yang-wajib-dicicipi-saat-liburan-ke-banten-MpdNsc0cto.jpg Pecak bandeng kuliner khas Banten (Foto : @utopiskeptis/Instagram)

Gubernur Banten Wahidin Halim telah memberi lampu hijau bagi bagi para pelaku wisata untuk membuka kembali objek wisata. Namun, mereka tetap harus menaati sejumlah persyaratan serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Nah, bagi Anda yang tertarik atau sudah merencanakan liburan di daerah Banten, Jawa Barat, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas lokal. Selain menyuguhkan pemandangan alam yang spektakuler, Banten juga dikenal berkat kelezatan kulinernya. Berikut ini Okezone rangkumkan beberapa di antaranya, Rabu (1/7/2020).

Sate Bandeng

Sate Bandeng

(Foto : @galleri_karomah/Instagram)

Konon, makanan ini merupakan ide dari Sultan Banten yang ingin meyajikan masakan ikan bandeng tanpa duri kepada tamunya. Saking lezatnya, sate bandeng dapat disantap langsung dengan nasi tanpa harus menambahkan bumbu sambal seperti sate lainnya.

Baca Juga : 5 Gaya Hypebeast Indra Priawan, Pria Penakluk Hati Nikita Willy

Nasi sumsum

Nasi Sumsum

(Foto : @helindaerlin)

Hidangan yang satu ini merupakan primadona yang sangat digemari warga Banten. Sebelum dibakar, nasi dicampur dengan bumbu yang telah ditumbuk sehingga menyatu dalam nasi. Nasi kemudian dihiasi irisan timun dan tomat, lalu disantap dengan pilihan lauk seperti sate lidah kerbau dan otak-otak. Meski tergolong makanan langka, nasi sumsum masih bisa ditemukan di beberapa rumah makan di Serang.

Pecak Bandeng

Pecak Bandeng

(Foto : @utopiskeptis/Instagram)

Pecak bandeng diolah dengan cara membakar bandeng segar. Yang unik dari makanan ini adalah sambal yang dicampur langsung dengan ikan yang telah dibakar.

Nasi belut

Nasi Belut

(Foto : @jajanbanten/Instagram)

Belut merupakan salah satu makanan favorit warga Banteng. Biasanya, mereka mengolah belut dengan cara dibersihkan terlebih dahulu, diambil jeroannya, lalu dikeprek sehingga tulangnya empuk. Belut ini kemudian dipotong kecil-kecil dan diberi bumbu, lalu didiamkan sebentar sebelum digoreng.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini