6 Cara Memilih Semangka yang Manis dan Berkualitas Baik

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 298 2239576 6-cara-memilih-semangka-yang-manis-dan-berkualitas-baik-yL56ICmKWp.jpg Semangka (Foto: The Spruce Eats)

Meski terlihat mudah, ternyata ada trik khusus untuk memilih semangka yang manis dengan tekstur sempurna. Pasalnya, tekstur kulit semangka cenderung tebal dan keras, sehingga akan sulit untuk mendeteksi kualitas buahnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, akun Twitter @excell_dee baru saja membagikan 6 tips praktis memilih semangka berkualitas baik. Anda hanya perlu melihat, mengangkat, dan membalik buah tersebut. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 semangka

1. Punya spot kuning pekat

Tahukah Anda, spot kuning pada semangka sebetulnya menunjukkan lokasi di mana semangka menempel di tanah. Semangka yang matang memiliki spot kuning yang cukup pekat, bahkan terlihat oranye. Sementara semangka dengan spot berwarna putih rasanya cenderung tidak terlalu manis.

2. Tanda berupa jaring

Carilah tanda bekas cokelat menyerupai jaring. Tanda ini terjadi karena lebah berkali-kali menyentuh bagian penyerbukan bunga pada saat pembuahan. Semakin banyak penyerbukan, tandanya buah akan semakin manis.

Baca juga: Selamat Hari Bhayangkara, 5 Polwan Cantik Ini Siap Melindungi Negara

3. Periksa tangkai

Tangkai yang kering menunjukkan bahwa semangka sudah matang. Jika tangkai berwarna hijau, kemungkinan semangka dipanen terlalu cepat dan tidak akan matang.

 

4. Gender

Ternyata petani membedakan semangka juga berdasarkan gendernya. Contoh, semangka laki-laki cenderung memiliki ukuran yang lebih besar. Bentuknya memanjang dan lebih banyak mengandung air. Sedangkan semangka perempuan memiliki bentuk bulat dan sangat manis.

5. Pilih berukuran rata-rata

Sebaiknya Anda tidak memiliki semangka yang terlalu besar atau terlalu kecil. Disarankan memilih semangka berukuran rata-rata. Perlu diperhatikan pula, besar atau kecilnya semangka juga memiliki berat sesuai ukurannya. Contoh, jika semangka berukuran besar, maka bebannya harus lebih berat.

6. Warna

Terakhir, Anda bisa mendapatkan semangka yang manis dengan melihat warna dan corak kulitnya. Semangka berwarna gelap diklaim lebih manis. Selain itu, semangka dengan garis yang lurus dan rapi kualitasnya cenderung lebih baik.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini