Menguji Kebenaran Jeruk Nipis Efektif Bantu Membakar Lemak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 481 2239405 menguji-kebenaran-jeruk-nipis-efektif-bantu-membakar-lemak-4Aheg5j7uz.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

BANYAK kepercayaan yang beredar di masyarakat bahwa jeruk nipis ampuh turunkan berat badan. Makanya, ada orang yang rela hanya minum air yang dilarutkan jeruk nipis supaya berat badannya turun.

Tapi, apakah cara itu benar dan apakah jeruk nipis memang memiliki khasiat membakar lemak dalam tubuh? Dijelaskan Master of Science in Nutrition and Health Wageningen University, Belanda, Ardy Brian Lizuardi, kepercayaan bahwa jeruk nipis bisa membakar lemak itu mitos.

Baca Juga: 4 Manfaat Jeruk Nipis, Nomor 2 Tingkatkan Kekebalan Tubuh di Tengah Pandemi Corona

jeruk nipis

Anggapan ini dianggap berhasil karena beberapa kesalahan diet yang dilakukan. Salah satunya adalah mengonsumsi air yang dicampurkan dengan jeruk nipis tanpa mengonsumsi makanan lain.

"Ya, kalau emang cuma konsumsi air yang dicampur perasan jeruk nipis, jelas kalori tubuhnya akan berkurang. Tapi, ini bukan karena proses pembakaran lemaknya," terang Ardy saat Webinar NutriClass, Selasa (30/6/2020).

Ardy melanjutkan, ketika Anda mau menurunkan berat badan, maka yang harus dilakukan adalah menurunkan kadar lemak dalam tubuh dengan mengatur jumlah asupan kalori per harinya. Untuk hasil yang maksimal, kalori yang terserap di tubuh mesti dibakar.

"Makanya, diperlukan juga yang namanya olahraga agar pembakaran tubuh bisa lebih maksimal. Bukan hanya mengatur asupan kalorinya," sambungnya.

Namun, meski tidak ada manfaat pembakaran lemak dari mengonsumsi jeruk nipis, Anda tidak dilarang untuk mengonsumsinya setiap hari apalagi kalau sudah jadi kebiasaan. "Ya, kalau Anda mau minum nggak masalah. Tapi, ingat, jangan berharap lemak akan terbakar dengan meminum air yang dicampur jeruk nipis," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini