Lindungi Tubuh dari Covid-19, Amankah Makan Jamur Cordyceps Secara Langsung?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 481 2239512 lindungi-tubuh-dari-covid-19-amankah-makan-jamur-cordyceps-secara-langsung-0hqjcEcyP1.jpg Jamur Cordyceps Militaris (Foto : Healthline)

Baru-baru ini jamur cordyceps militaris dinilai dapat melindungi tubuh manusia dari virus corona Covid-19 karena kandungan senyawa yang ada di dalamnya. Namun banyak masyarakat yang penasaran, apakah jamur tersebut dapat dikonsumsi secara langsung?

GURU Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc mengatakan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan jamur cordyceps militaris bisa dimakan secara langsung atau tidak.

Meski demikian Prof. Widodo menganjurkan masyarakat untuk mengonsumsi jamur cordyceps dalam bentuk yang sudah diekstrak. Pasalnya melalui proses ekstraksi, jamur ini bakal lebih aman apabila dikonsumsi oleh masyarakat.

Jamur Cordyceps

“Jamur cordyceps militaris paling bagus diekstrak agar senyawa yang kurang baik bisa dihilangkan dalam proses ekstraksi, sehingga zat yang penting dan baik bisa diambil saat diekstrak,” terang Prof. Widodo webinar Tangguh Hadapi New Normal, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga : 4 Pesona Chagii Amelia, Selebgram Cantik yang Pernah Berseteru dengan Ridho Illahi

Jamur cordyceps militaris yang memiliki kandungan mirip dengan obat antivirus galidesivir dan cocok untuk melawan virus corona ini bisa diekstrak menggunakan dua cara. Terdapat setidaknya dua cara yang bisa digunakan untuk mengekstrak herbal tersebut.

“Kalau secara tradisional bisa diesktrak dengan air panas. Tapi kalau secara modern bisa dilakukan ekstraksi dengan menggunakan larutan-larutan organik,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini