Amankah Mencampur Aneka Herbal Secara Bersamaan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 01 481 2239519 amankah-mencampur-aneka-herbal-secara-bersamaan-naR5QSWPHa.jpg Ramuan herbal bantu jaga kesehatan (Foto : Medicalnewstoday)

Pandemi virus corona Covid-19 membawa keresahan tersendiri bagi masyarakat dunia. Terlebih saat ini belum ada vaksin maupun obat untuk menyembuhkannya. Alhasil mengonsumsi herbal untuk memperkuat imunitas tubuh menjadi pilihan yang diambil masyarakat.

Seperti diketahui Indonesia kaya akan sumber daya herbal yang mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit salah satunya adalah jamur cordyceps militaris yang disinyalir dapat menangkal Covid-19. Namun apakah mengombinasikan beberapa herbal sekaligus aman untuk dikonsumsi oleh manusia?

Jamur Cordyceps

Menjawab hal tersebut Guru Besar Fakultas MIPA dan Pakar Biomolekuler Universitas Brawijaya, Prof. Widodo, S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc mengatakan pada dasarnya mengombinasikan beberapa herbal menjadi satu bisa memberikan efek yang lebih baik.

“Perinsipnya herbal kalau dimixing (campur dengan herbal lain) akan lebih baik. Tapi dalam kasus jamur cordyceps militaris, dengan herbal ini saja sudah cukup,” ujar Prof. Widodo webinar Tangguh Hadapi New Normal, Rabu (1/7/2020).

Baca Juga : 4 Pesona Chagii Amelia, Selebgram Cantik yang Pernah Berseteru dengan Ridho Illahi

Ia mengatakan beberapa bahan aktif terkandung dalam jamur cordyceps militaris yang memiliki fungsi antivirus, antiinflamasi, antioksidan, dan imunoregulator sudah cukup untuk membantu menangkal virus corona Covid-19.

“Jadi tak memerlukan herbal lain. Kalau dimixing tidak masalah, asal herbalnya sudah dipakai secara tradisional oleh masyarakat. Jangan pakai herbal baru.

Karena tidak semua herbal bisa aman dikonsumsi dalam waktu lama (jangka panjang),” tutupnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini