Trik Bisnis di Tengah Pandemi Covid-19 Tanpa Modal, Bisa Lho!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 01 Juli 2020 10:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 07 01 612 2239280 trik-bisnis-di-tengah-pandemi-covid-19-tanpa-modal-bisa-lho-RFRAFNiuFm.jpg Bisnis online di tengah pandemi Covid-19 (Foto : Filipino Times)

Merintis usaha atau bisnis, kini menjadi salah satu alternatif yang mulai dilirik masyarakat Indonesia demi mendapatkan pemasukkan tambahan di tengah pandemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 memang membawa dampak signifikan pada perekonomian Indonesia. Banyak perusahaan yang memutuskan hubungan kerja dengan karyawannya, dan ada juga yang terpaksa gulung tikar.

Tak pelak bila banyak orang nekat membuka usaha kecil-kecilan dengan modal seadanya. Namun tahukah Anda? Ternyata ada beberapa konsep bisnis yang menarik dan cocok dilakukan oleh para pemula. Hal ini dijelaskan secara gamblang oleh CEO Bandros.co.id, Mohammad Iqbal.

Pelaku Bisnis Kuliner

"Dengan berkembangnya teknologi, ada banyak peluang bisnis yang bisa dijajal masyarakat Indonesia. Kalau memang belum ada background atau pengalaman bisnis, paling pas menjadi reseller," kata Iqbal saat ditemui Okezone di bilangan Bintaro, Tangerang Selatan, Selasa (30/6/2020).

Baca Juga : Selamat Hari Bhayangkara, 5 Polwan Cantik Ini Siap Melindungi Negara

Lebih lanjut Iqbal menjelaskan, konsep bisnis ini juga terbagi menjadi dua kategori yakni, murni menjadi reseller dan dropship. Bagi mereka yang memang tidak memiliki modal untuk berbisnis, disarankan untuk mencoba metode dropship.

"Dropship itu relatif tak pakai modal. Cuma pakai foto yang didapatkan dari marketplace atau toko online, lalu minta izin kepada penjualnya. Boleh tidak dibantu jual. Jatuhnya kayak reseller, tapi kita yang mencarikan atau menawarkan produk ke konsumen. Bila ada yang berminat baru kita ambil dari penjual tersebut," jelas Iqbal.

Sementara reseller murni memang harus menyiapkan modal khusus. Selain itu, harus pintar-pintar mencari produk yang murah dan terjamin kualitasnya.

"Jadi reseller itu tidak perlu riset produk lagi. Lihat saja testimoninya di marketplace. Kalau meyakinkan, kita tinggal bantu jual saja," kata Iqbal.

Nah, untuk skema penjualannya sendiri, reseller harus pintar-pintar mencari peluang dengan memanfaatkan kondisi yang ada.

Jual Online

Ambil contoh di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Konsumen cenderung lebih percaya membeli produk dari orang-orang yang mereka kenal baik.

"Ini kesempatan yang bagus. Anda bisa menjualnya di group whatsapp komplek rumah, kantor, teman senam, dan lain sebagainya. Karena sekarang, masyarakat itu sedang mengalami krisis kepercayaan akibat pandemi Covid-19," ungkap Iqbal.

"Kita juga harus pintar memilih produk yang hendak dijual ulang. Sekarang yang paling diminati itu produk-produk kesehatan, misalnya obat-obatan herbal dan jamu," tandasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini