Tak Kalah dengan Tatap Muka, Berikut 5 Manfaat Anak Belajar Online

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 20:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 196 2240302 tak-kalah-dengan-tatap-muka-berikut-5-manfaat-anak-belajar-online-CCdETxvVa3.jpg Ilustrasi. (Freepik)

LEBIH dari tiga bulan anak-anak belajar online di rumah karena pandemi Covid-19. Mungkin belakangan orangtua sudah mulai resah dan khawatir dengan sikap anak-anaknya yang sudah mulai bosan belajar di rumah.

Bahkan, orangtua juga sudah mulai malas dan banyak mengeluh saat mendampingi anak belajar online di rumah. Terlebih, bagi orangtua yang juga harus bekerja dari rumah di masa sekarang.

Diungkapkan Director of Studies Yayasan Pendidikan Mulia Bakti (YPMB) Kristina, tak dapat dipungkiri, selama anak-anak belajar pnline di rumah banyak keluhan orangtua. Bahkan tak sedikit dari mereka khawatir jika anaknya kembali bersekola di masa transisi new normal.

“Kami sangat memahami bahwa banyak orangtua murid khawatir untuk menyekolahkan anaknya di masa pandemi Covid-19. Belajar melalui sistem online tetaplah yang terbaik pada masa pandemi ini," ucapnya lewat keterangan resmi Saint Monica Jakarta School yang diterima Okezone Kamis (2/7/2020).

Nah, tahu enggak Moms, ternyata saat anak-anak belajar dari rumah akan mendapatkan sederet manfaat loh. Kristina akan menjelaskan lima manfaat yang didapatkan anak saat belajar di rumah. Simak langsung yuk ulasannya di bawah ini.

Otak anak lebih produktif

belajar

Jika anak-anak belajar di rumah akan melatih otaknya secara optimal dan terarah setiap harinya. Sehingga mereka akan semakin produktif dan intelegensi anak tetap berkembang sesuai dengan umurnya.

Mendeteksi gangguan tumbuh kembang anak

Saat anak belajar di rumah, sekecil apapun gangguan tumbuh kembang anak, seperti belum dapat mengenali warna, susah memegang gunting, terlambat bicara, belum dapat melompat, pasti akan lebih cepat terdeteksi.

Sebaiknya, Anda harus waspada dengan gangguan-gangguan ini ya. Karena sangat berpengaruh untuk perkembangan anak di masa depan.

Melatih kemampuan motorik

sekolah

Kristina mengatakan, online learning hadir untuk meningkatkan keterampilan anak dalam segala bidang. Termasuk meningkatkan kemampuan motorik halus dan kasar si kecil. Salah satunya lewat permainan, seperti menuang air atau menyusun stik es krim.

Mengenali potensi kecerdasan

Orangtua akan lebih mudah mengenali potensi bakat dan kecerdasan anak saat belajar di rumah. Anda juga dengan mudah mengarakan anak untuk mengembangkan bakatnya.

Bonding

Saat orangtua punya banyak waktu dengan anak tentu akan meningkatkan bonding. Selain mendekatkan diri, jika anak belajar dari rumah tentu akan menajdi kenang-kenangan yang menyenangkan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini