Tips Rintis Bisnis Kuliner agar Cuan ala Chef Arnold Poernomo

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 07:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 298 2239845 tips-rintis-bisnis-kuliner-agar-cuan-ala-chef-arnold-poernomo-FdwA8ER9es.jpg Chef Arnold (Foto : Okezone)

Chef Arnold Poernomo lagi-lagi membagikan informasi menarik kepada netizen Indonesia. Setelah beberapa kali membahas tips memasak endog (telur), kini dia membagikan tips cuan saat memulai bisnis kuliner.

Hal tersebut bermula dari cuitan akun @squidwardfess di Twitter. Akun parodi ini memuat pertanyaan seorang netizen tentang cara menentukan harga makanan untuk dijual.

"Sqw! Kalau ambil harga tuh gimana sih? Aku mau coba jualan salad buah ini gambar + harga dari sellernya. Sebelumnya makasih yg udh jawab, btw aku dom mjk-jatim," cuit akun tersebut.

Entah ada angin apa, Chef Arnold Poernomo tiba-tiba menyaut unggahan itu. Dia menjelaskan trik sederhana menentukan harga makanan berdasarkan bahan baku yang digunakan.

Rumus yang digunakan Juri MasterChef Indonesia ini kurang lebih demikian, "Harga total keseluruhan bahan dan packaging / 0.3 = harga jual".

Sebagai contoh, bila total harga barang mentah sampai siap dijual menyentuh angka Rp20 ribu, maka perhitungannya adalah biaya tersebut langsung dibagi 0.3

"Supaya cuan. Contoh saya beli barang mentah dan sampai jadi total 20rb mau di jual. Jadi 20rb /0.3 = 66,666rb bisa di bulat kan ke 66.000 atau 66.500 atau kalo saya ya 70.000," terang Chef Arnold.

Emang dasar netizen. Meski telah dibagikan trik cuan oleh Chef Arnold. Mereka malah meresponsnya dengan komentar-komentar ajaib.

"aku yg cuma dpet cuan sdikit masi ada yg minta tester dan harga temen," curhat seorang netizen.

"Kalo aku jualan lontar pake itungan harga begini kayaknya ngga ada yg mau beli deh," tulis yang lain.

"Itu klu yg jualan chep mah laku aja harga segitu. Rakyat jelata kek q pake cara perhitungan chep bisa di omongin tetangga dunia akherat "Idih jualnya mahal amat sih neng sok artis lu"," tulis akun N*at**.

Terlepas dari komentar tersebut, tips dari Chef Arnold Poernomo ini sebetulnya menarik untuk dicoba bagi Anda yang hendak merintis bisnis kuliner di tengah Pandemi Covid-19. Semangat, dan semoga cuan ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini