5 Fakta Penelitian Kopi yang Harus Kamu Tahu

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 298 2240205 5-fakta-penelitian-kopi-yang-harus-kamu-tahu-FgwpKTV6cM.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

PENELITIAN kopi menimbulkan banyak fakta menarik. Termasuk mengetahui kandungan antioksidan dan nutrisi yang tinggi, jadi bisa dibilang kalau mengonsumsi kopi juga baik untuk kesehatan.

Bahkan, studi sains mengatakan, minum kopi dapat membuat Anda memiliki risiko rendah terhadap beberapa penyakit serius.

Dilansir Okezone Healthline pada Kamis (2/7/2020), berikut manfaat yang Anda dapatkan dari konsumsi kopi.

Dapat meningkatkan energi dan membuat Anda lebih cerdas

kopi

Kopi dapat membantu mengurangi rasa lelah dan meningkatkan energi. Ini karena kopi mengandung stimulan yang disebut kafein atau zat psikoaktif.

Baca Juga: 4 Gaya Polisi Ganteng Made Juniantara, Duh Awas Naksir

Setelah Anda minum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah dan bergerak menuju otak. Di otak, kafein menghambat adenosin neurotransmitter. Ketika ini terjadi, jumlah neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin meningkat, yang mengarah ke peningkatan penembakan neuron.

Banyak studi terkontrol pada manusia menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu reaksi dan fungsi mental umum.

Membantu membakar lemak

Karein merupakan salah satu dari beberapa zat alami yang terbukti membantu pembakaran lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan laju metabolisme Anda hingga 3-11%.

Studi lain menunjukkan bahwa kafein dapat secara spesifik meningkatkan pembakaran lemak sebanyak 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus. Namun, ada kemungkinan bahwa efek ini berkurang jika Anda minum kopi dalam jangka panjang.

Membantu menghilangkan depresi

Depresi adalah gangguan mental serius yang menyebabkan penurunan kualitas hidup secara signifikan. Dalam sebuah studi Harvard pada 2011, wanita yang minum 4 cangkir atau lebih kopi per hari memiliki risiko 20% lebih rendah mengalami depresi.

Studi lain pada 208.424 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 cangkir atau lebih per hari, 53% lebih kecil kemungkinannya untuk mati karena bunuh diri.

Sumber antioksidan terbesar untuk diet

Bagi orang yang menerapkan Western diet, kopi mungkin menjadi salah satu aspek paling sehat dari makanan mereka. Itu karena kopi mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

Studi menunjukkan bahwa banyak orang mendapatkan lebih banyak antioksidan dari kopi dibanding mengonsumsi buah dan sayur. Faktanya, kopi mungkin merupakan salah satu minuman paling sehat di planet ini.

Membantu melindungi Anda dari alzheimer dan demensia

Penyakit Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum dan penyebab utama demensia di seluruh dunia. Kondisi ini biasanya mempengaruhi orang di atas 65, hingga saat ini pun belum ditemukan obatnya.

Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut terjadi. Seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga, juga minum kopi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko penyakit Alzheimer hingga 65% lebih rendah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini