Selain Rasanya yang Lebih Kuat, Ini Beda Kopi Robusta dibandingkan Arabika

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 21:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 298 2240265 selain-rasanya-yang-lebih-kuat-ini-beda-kopi-robusta-dibandingkan-arabika-3Y2ApcwO9H.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDONESIA memang memiliki banyak varian kopi yang sudah tersohor. Meskipun banyak varian kopi, tapi sebenarnya hanya ada dua jenis kopi yang diproduksi dan dijual secara luas.

Keduanya adalah kopi Arabika dan kopi Canephora atau yang lebih familiar disebut dengan nama kopi Robusta. Lantas, apa sih sebenarnya perbedaan dari kopi Robusta dan kopi Arabika ini? Berikut ulasannya, sebagaimana dilansir Theroasterpack.

Rasa

Tidak seperti rasa dari kopi arabika, cita rasa dari kopi robusta disebutkan kerap kali memiliki rasa yang dijelaskan seperti rasa dari karet yang terbakar.

Tingkat kafein

Salah satu yang mempengaruhi cita rasa kopi, ialah tingkat kafein yang terkandung di dalamnya. Inilah yang membuat mengapa rasa kopi robusta hadir dengan cita rasa yang lebih pahit, karena kopi robusta hadir dengan kandungan kafein yang lebih tinggi daripada kopi arabika.

Diketahui untuk tingkat kandungan kafein, kopi robusta memiliki konten kafein hingga 2,7 persen di mana ini artinya hampir dua kali daripada kopi arabika yang hanya mempunyai konten kafein sebesar 1,5 persen.

Kandungan lemak dan gula

Untuk kandungan lipid atau lemak, disebutkan lebih lanjut bahwasanya koi arabika hadir dengan kandungan lipid 60 persen lebih dan hampir mencapai dua kali konsentrasi gula daripada yang terdapat pada kopi robusta. Kurang lebih faktor ini jugalah yang mungkin membuat, banyak orang lebih menyenangi rasa dari kopi arabika.

Harga

Dari segi sisi harga, di pasar komoditas harga dari green beans atau biji segar biji kopi robusta biasanya dibanderol hanya setengah harga dari harga biji segar biji kopi arabika.

Cocok tanam

Sedangkan untuk aspek penanaman, kopi robusta diketahui lebih mudah ditanam di area pertanian, mempunyai daya panen yang lebih tinggi, dengan tingkat sensitif terhadap serangan serangga yang lebih rendah dibandingkan kopi arabika.

Pasalnya, kandungan kafein ekstra yang terdapat pada kopi robusta dapat bekerja sebagai tembok perlindungan bersifat kimiawi pada biji kopi robusta yang mana kafein ini beracun untuk para serangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini