Mau Donor Darah, Simak Ini Dulu!

Kamis 02 Juli 2020 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 481 2240197 mau-donor-darah-simak-ini-dulu-wl6NNC9HDc.jpg Donor darah (Foto: University of Melbourne)

Donor darah merupakan kegiatan sosial yang sangat positif dan banyak manfaatnya. Sebab melalui kegiatan ini kita bisa membantu orang yang kekurangan darah.

Namun Anda harus memperhatikan berbagai hal sebelum melakukan donor darah. Berikut beberapa tips apa yang harus Anda lakukan sebelum menyumbangkan darah seperti dilansir Times Now News.

 donor darah

1. Cukup air

Apabila Anda ingin mendonorkan darah, maka hal terpenting yang harus dilakukan adalah tetap terhidrasi. Dianjurkan untuk minum 2 gelas air tambahan sebelum dan setelah Anda melakukan donor darah.

2. Vitamin C

Seperti dilansir dari Sindo News, Vitamin C dapat membantu tubuh Anda lebih baik dalam menyerap zat besi nabati. Anda bisa mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C seperti melon, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, stroberi, semangka, dan tomat.

Baca juga: Viral Wali Kota Bogor 'Goyang AKB', Cara Seru Edukasi Cegah Covid-19

3. Tidur 

Anda sebaiknya tidur selama delapan jam pada malam harinya atau sebelum melakukan donor darah. Ini dilakukan agar Anda tak merasa kecapekan saat mau donor darah.

4. Makanan

Jangan lewatkan sarapan atau makan siang dengan menu yang sehat sebelum Anda mendonorkan darah. Anda juga harus menjauhi makanan tinggi lemak seperti kentang goreng atau es krim, karena dapat memengaruhi tes pada darah Anda.

5. Hindari minum alkohol

Anda harus menghindari mengonsumsi alkohol jika ingin mendonorkan darah, karena minuman beralkohol dapat menyebabkan dehidrasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini