5 Tips Pelihara Ikan Hias bagi Pemula, Bikin Betah di Rumah!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 612 2240074 5-tips-pelihara-ikan-hias-bagi-pemula-bikin-betah-di-rumah-wJ3DaYC5M4.jpg Pelihara ikan di masa pandemi Covid-19 (Foto : Dede/Okezone)

Selama pandemi virus corona Covid-19, banyak masyarakat yang memilih untuk memelihara ikan untuk mengusir kepenatan. Selain mudah dirawat, memelihara ikan juga bisa membuat Anda menjadi betah di rumah.

Tentunya bagi Anda para pemula yang ingin mencoba memelihara ikan untuk mengusir kepenatan, sebaiknya memperhatikan beberapa hal. Melansir dari Pet Helpful, Kamis (2/7/2020), berikut ulasannya.

1. Mempesiapkan akuarium sebelum memasukkan ikan

Untuk memberikan tempat yang sehat bagi calon ikan-ikan Anda, maka akuarium harus didiamkan terlebih dahulu setelah membelinya. Anda tidak boleh membeli akuarium dan ikan Anda pada hari yang sama.

Biarkan akuarium selama beberapa lama untuk pertumbuhan mikro-organisme yang sehat di dalamnya. Nantinya mikroorganisme ini akan memecah limbah dan membantu menjaga air tetap aman bagi ikan. Para ahli merekomendasikan untuk membiarkan tangki setidaknya seminggu sebelum menambahkan ikan.

2. Uji dan Pantau Parameter Air

Akuarium

Air menjadi hal penting ketika Anda memutuskan memelihara ikan. Anda wajib membeli alat uji air untuk memantau kadar amonia, nitrat, nitrit, dan pH air Anda. Amonia, nitrat, dan nitrit adalah senyawa kimia alami yang dihasilkan dari siklus hidup di akuarium Anda.

3. Lakukan Penggantian air

Pelihara Ikan

Air bersih adalah pilihan terbaik yang bisa dilakukan. Pergantian air yang sering adalah kuncinya. Anda perlu mengeluarkan sekitar sepertiga air dari tangki Anda setiap minggu dan menggantinya dengan air bersih yang segar.

Cara ini dapat melarutkan bahan kimia dalam air dan membuatnya lebih sehat untuk ikan Anda. Jika anda jarang mengganti air akuarium, maka akan terjadi penumpukan limbah akan mencemari air hingga tidak sehat bagi ikan.

4. Teliti Ikan Sebelum Membeli

Pelihara Ikan

Anda harus meneliti ikan yang hendak dipelihara dalam akuarium. Pahami seberapa besar temperamen ikan, kebutuhan ruangnya, dan ikan mana yang cocok dengannya (tank mate).

Kesalahan pemula saat pergi ke toko ikan hias adalah membeli hanya karena penampilan yang bagus. Seringkali petugas di toko ikan tidak terlalu berpengetahuan.

5. Hindari Terlalu Banyak Memberikan Makan Ikan

Pelihara Ikan

Ikan cukup sulit untuk kelaparan. Makan sekali sehari sudah cukup. Pastikan Anda menyediakan makanan untuk setiap jenis ikan di akuarium Anda. Makanan mengambang akan memenuhi sebagian besar kebutuhan, tetapi jika Anda memiliki banyak ikan yang berada di dasar, Anda mungkin ingin memasukkan pelet yang tenggelam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini