Jangan Sampai Salah Pelihara, Ini Beda Cupang Hias dengan Aduan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 612 2240283 jangan-sampai-salah-pelihara-ini-beda-cupang-hias-dengan-aduan-OA7G23fOnJ.jpg Ilustrasi Ikan Cupang. (Foto: Freepik)

BANYAK cara dilakukan untuk menghilangkan kebosanan di saat Pandemi virus corona Covid-19. Nah, salah satu tren yang tengah digandrungi orang adalah memelihara ikan cupang.

Tapi jangan salah pilih, cupang terdiri dari berbagai macam jenis loh. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk membelinya Anda wajib menentukan terlebih dahulu, cupang jenis apa yang diinginkan untuk dipelihara.

Penghobi Cupang Hias, Ezra Ryan, mengatakan cara membedakan cupang aduan dan untuk kontes dapat dilihat dari bentuk fisiknya. Bentuk dan besar sirip menjadi faktor yang paling mudah untuk membedakannya.

"Kalau dari segi fisik ikan cupang aduan memiliki sirip yang relatif kecil, dibanding sirip cupang hias untuk kontes,” ungkap Ryan, saat dihubungi Okezone.

Meski demikian, Ryan berpendapat pada dasarnya cupang memang bisa untuk diadu, dan bisa untuk diikut sertakan untuk kontes. Pasalnya, ikan cupang adalah ikan yang memiliki tipikal agresif, dan teritorial.

Menurutnya, meskipun semua jenis ikan bisa ikut serta kontes, tapi belum tentu dapat menang. Karena semua sangat tergantung dari penilaian dan standarisasi cupang kontes.

"Tiap kelas cupang hias kontes berbeda-beda. Penilaian untuk cupang jenis plakat, Giant, halfmoon dan crowntail masing-masing berbeda dan ada standarisasinya,” tutur dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini