Mau Pelihara Cupang Hias? Simak Tipsnya agar Dapat Warna yang Keren

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 612 2240286 mau-pelihara-cupang-hias-simak-tipsnya-agar-dapat-warna-yang-keren-Z6ZO0KssNF.jpg Ilustrasi Ikan Cupang. (Foto: Freepik)

IKAN cupang memang menjadi salah satu ikan favorit yang dicari masyarakat selama pandemi virus corona Covid-19. Selain mudah dirawat, cupang juga memiliki sirip indah serta warna tubuh yang bagus dan mencolok.

Salah satu Pegiat Cupang Hias, Ezra Ryan, mengatakan warna ikan cupang hias kini sudah beragam. Jadi untuk memperindah warna cupang sang pemilik harus melakukan beberapa upaya, mulai dari kestabilan pH air maupun asupan makanan yang dikonsumsi ikan tersebut.

“Banyak penghobi menggunakan daun Ketapang kering yang sudah dibersihkan dan diolah untuk membantu memperkuat warna ikan cupang dan menjaga kestabilan pH air," terang Ryan saat dihubungi Okezone.

Meski demikian, Ryan berpendapat bahwa warna ikan cupang hias tergantung dari gen indukan ikan. Jika memang indukannya bagus, maka gen warnanya kuat maka burayak (anak ikan cupang yang baru menetas) akan memiliki corak warna, sirip kuat dan bagus juga.

Selain itu, dalam hal makanan asupan nutrisi pun wajib terpenuhi dengan baik. Salah satunya adalah dengan memberikan pakan alami sebanyak dua kali dalam sehari.

“Contohnya jentik nyamuk, kutu air, cacing bloodworm, karena cupang membutuhkan asupan makanan yang baik dan terdapat di pakan alami mereka. Tapi sekarang juga sudah banyak pelet ikan cupang yang bagus untuk warna dan sirip ikan cupang,” tuntasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini