Mau Beternak Cupang, Coba Pelajari Dulu Hal-Hal Berikut

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 23:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 612 2240305 mau-beternak-cupang-coba-pelajari-dulu-hal-hal-berikut-reOHJmRBOK.jpg Ilustrasi Ikan Cupang. (Foto: Freepik)

BISNIS cupang menjadi salah satu hal yang menjanjikan. Terlebih, pada masa pandemi virus corona Covid-19, banyak masyarakat yang mencari cupang hias untuk dijadikan teman peliharaan di rumah.

Alhasil beternak cupang, bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang gemar memelihara ikan. Meski demikian, beternak ikan cupang tidaklah semudah yang dibayangkan.

Penghobi Cupang Hias, Ezra Ryan, mengaku beternak cupang itu susah-susah gampang. Bagi mereka yang tidak sabaran, maka memelihara cupang bisa menjadi tantangan yang lebih sulit.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin memelihara apalagi beternak ikan cupang. Salah satu yang penting adalah bagaimana memilih indukan.

“Saya pribadi, kalau ternak ikan cupang lebih baik memilih indukan dengan kualitas yang baik dan umur ikan yang cukup untuk dijadikan indukan. Biasanya umur enam bulan sampai satu tahun,” terang Ryan saat dihubungi Okezone.

Lebih lanjut Ryan mengatakan, sabar dan tekun adalah hal yang penting dalam berternak cupang. Pekerjaan ini tidak boleh dilakukan dengan maksud sekedar mencoba-coba, karena malah akan menelantarkan burayak atau anak ikan cupang yang baru menetas.

“Untuk wadahnya ketika ingin ternak ikan cupang, jangan terlalu luas dan airnya tidak perlu tinggi cukup 15 cm. Jadi ketika menetas si burayak yang belum mahir berenang bisa dengan mudah mencapai permukaan air," tuturnya.

"Tapi kalau terlalu dalam si burayak akan sulit untuk ke permukaan air dan bisa mengakibatkan kematian,” tukas dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini