5 Jenis Ikan Hias yang Cocok Dipelihara Pemula, Lucu-Lucu!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 20:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 612 2240313 5-jenis-ikan-hias-yang-cocok-dipelihara-pemula-lucu-lucu-ASDDzE6K9h.jpg Ikan guppy (Foto : Okezone)

Memelihara ikan hias adalah pilihan tepat yang mengasyikkan selama pandemi virus corona Covid-19. Anda akan semakin senang tinggal di rumah untuk melihat ikan kesayangan di dalam akuarium.

Nah bagi para pemula yang ingin mencoba memelihara ikan hias dalam akuarium, ada baiknya selektif dalam memilih hewan peliharaan yang hendak dibeli. Dalam artikel ini Okezone akan memberikan daftar lima ikan hias yang mudah dipelihara bagi para pemula. Yuk disimak.

1. Neon Tetra

Neon Tetra

Neon tetra adalah salah satu ikan yang tidak rewel dan sangat cocok bagi para pemula. Ikan ini sangat mudah dipelihara karena mampu bertahan hidup tanpa menggunakan filter maupun aerator. Ukuran maksimal ikan ini hanyalah 3-4 centimeter dengan garis berwarna biru menyala di bagian punggungnya.

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pelihara, Ini Beda Cupang Hias dengan Aduan

2. Guppy

Guppy

Sama dengan neon tetra, guppy juga masuk ke dalam ikan hias pemula dengan ketahanan tubuh yang bagus. Mereka bisa hidup tanpa menggunakan aerator maupun filter. Keunikan ikan guppy ada pada warna di bagian tubuh serta sirip ekornya yang lebar.

3. Cupang

Cupang

Cupang menjadi salah satu ikan hias yang kuat. Mengurusnya tidak sulit, bahkan Anda bisa memelihara ikan ini dalam toples selai. Ikan ini tampak cantik dengan sirip besar dan warna yang mereka miliki. Meski demikian, ikan ini bertemperamen tinggi sehingga tidak bisa digabungkan dengan ikan jenis lain.

4. Molly

Ikan Molly

Ikan hias lainnya yang tak kalah bagus dan tangguh adalah molly. Selintas bentuknya menyerupai anakan ikan mas dengan tubuh agak buncit. Ikan ini mampu beradaptasi dengan baik dengan kondisi air. Anda bisa memelihara ikan ini sebagai pemberi warna dalam akuarium.

5. Red Tail Catfish (RTC)

Res Tall Catfish

Bagi para pemula yang senang dengan ikan predator, maka red tail catfish (RTC) adalah pilihan yang tepat. Ikan ini selintas mirip dengan lele biasa, namun mereka miliki warna khas kemerah-merahan dan bentuk tubuh pendek membuat dari ujung kepala ke ekornya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini