Share

Unik, Konser Musik Klasik Ditonton 2.300 Tanaman di Gedung Teater

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 02 Juli 2020 20:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 02 612 2240318 unik-konser-musik-klasik-ditonton-2-300-tanaman-di-gedung-teater-HlVvZLxFQh.jpg Musisi gelar konser disaksikan tanaman (Foto : Businessinsider)

Pandemi Covid-19 melahirkan isu baru di tengah masyarakat. Menjaga jarak aman menjadi hal utama yang saat ini mesti dilakukan seluruh warga global, karena itu 4 musisi hebat ini menggelar konser tapi ditonton bukan oleh manusia melainkan tanaman.

Ya, musisi dari UceLi Qaurtet memainkan lagu klasik berjudul 'Crisantemi' atau The Chrysanthemums karya Puccini di hadapan hampir 2.300 tanaman. Tumbuhan tersebut 'didudukkan' di bangku yang ada di dalam gedung teater.

Sebelumnya, gedung teater ini tutup karena pandemi sejak Maret 2020. Namun, pada akhir Juni, gedung pertunjukan itu kembali di buka namun tidak untuk umum. Agar suasana menjadi menarik, pihak penyelenggara mengganti penonton manusia dengan tanaman.

Konser

Baca Juga : Jangan Sampai Salah Pelihara, Ini Beda Cupang Hias dengan Aduan

Menurut laporan Agence France-Presse, tanaman yang ditempatkan di dalam gedung teaer dan berkesempatan mendengarkan lantunan musik klasik itu antara lain palem, pohon ficus, 'Swiss cheese plants' yang merupakan simbol dari pandemi yang mengambil ruang dari manusia.

Tanaman tersebut juga memberi penampakan yang mencolok, karena pohon-pohon tersebut ditempatkan di atas kursi teater berwarna merah dan dekorasi dinding emas. Pertunjukan berlangsung selama enam menit.

Konseptual Artis Eugenio Ampudia membentuk ide ini selama lockdown dan keluarlah ide untuk mengganti penonton menjadi tanaman. Bukan hanya sejalan dengan upaya menghentikan penyebaran Covid-19, tetapi Ampudia ingin manusia lebih dekat dengan alam.

Konser

Menurut Business Insider, aksi 4 musisi hebat tersebut kemudian disiarkan di website dan dari hasil penayangan tersebut, menurut panitia, pemasukan akan diberikan pada tenaga medis yang berkerja memerangi viru corona. Jadi, konser ini termasuk dalam cara membantu sesama.

Di sisi lain, upaya lain yang dilakukan seniman untuk tetap bermusik adalah konser dari rumah. Hal ini dilakukan Rotterdam Philharmonic Orchestra yang menampilkan Beethoven 'Ode to Joy'.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini