5 Makanan Ini Dipercaya Dapat Melancarkan Menstruasi, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 09:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 298 2240490 5-makanan-ini-dipercaya-dapat-melancarkan-menstruasi-apa-saja-FczrtxmHad.jpg Buah nanas (Foto: Hospitality Dental and Orthodentic)

Menstruasi dialami perempuan setiap bulan. Kadang mentruasi datang secara teratur dan lancar.

Namun kadang saat stres menstruasi bisa tak lancar. Nah, berikut ini sejumlah makanan yang dipercaya dapat memperlancar menstruasi. Apa saja?

 kunyit

1. Kunyit

Kunyit disebut mampu meningkatkan panas dalam rahim yang membantu merangsang aliran darah ke rahim sehingga mempercepat menstruasi. Biasanya, kunyit dibuat menjadi jamu dengan rasa yang sedikit asam namun enak.

2. Nanas

Mengonsumsi nanas dapat menghasilkan panas di dalam tubuh. Terutama pada bagian panggul. Hal ini dapat menginduksi uterus dan pelepasan rahim sehingga menstruasi bisa datang lebih cepat dan lancar.

Baca juga: Sosok Agnes Jennifer Hebohkan KPK, Tampil Cantik saat Diperiksa

3. Vitamin C

Vitamin C memang banyak fungsinya. Ini dapat mengurangi tingkat progesteron yang dapat meningkatkan menstruasi lebih awal.

Sebaiknya konsumsi makanan tersebut dalam jumlah yang cukup. Jangan terlalu berlebihan ya, karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik bagi tubuh. Jika Anda ingin mengonsumsi vitamin c, ada baiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

4. Wortel

Selain bagus untuk mata, ternyata wortel juga dipercaya sebagai salah satu makanan yang bisa memperlancar datang bulan. Ini karena wortel dapat membantu melebarkan pembuluh darah pada rahim sehingga membantu menstruasi datang lebih cepat. Konsumsi wortelnya dengan cara direbus.

5. Pepaya

Selain membantu melancarkan pencernaan, pepaya juga dipercaya dapat menginduksi konstraksi pada otot uterus. Ini karena adanya karoten yang merangsang hormon estrogen sehingga menyebabkan menstruasi datang lebih cepat. Anda bisa mengonsumsi pepaya potong atau dibuat jus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini