4 Cara Sterilkan Toples Kaca dengan Oven, Bikin Makanan Lebih Tahan Lama

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 298 2240644 4-cara-sterilkan-toples-kaca-dengan-oven-bikin-makanan-lebih-tahan-lama-MuYAqwXzXc.jpg Toples kaca (Foto : Thespruceeats)

Selama pandemi virus corona Covid-19, kebersihan adalah hal yang wajib untuk diperhatikan semua orang. Oleh sebab itu kebersihan dalam mengolah makanan sangat penting untuk dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan sterilisasi makanan.

Seperti diketahui ada beberapa makanan yang memiliki daya tahan cukup lama, sehingga harus melewati proses sterilisasi agar tidak cepat rusak. Salah satu makanan dengan daya tahan lama dan bisa disterilisasi adalah selai.

Toples

Sterilisasi adalah bagian penting dari pengawetan dalam upaya menghilangkan bakteri, ragi, atau jamur sehingga mampu melindungi makanan yang hendak diawetkan ke dalam wadah. Sterilisasi dapat dilakukan secara sederhana dengan memanaskan wadah (biasanya toples) dengan bantuan oven.

Baca Juga : Kompaknya Gaya Rara Sekar dan Isyana Sarasvati, Sama-Sama Memikat!

Sebagaimana dilansir The Spruce Eats, Jumat (3/7/2020), berikut empat tips mensterilkan makanan menggunakan oven. Pastikan makanan tidak dalam kondisi dingin saat diletakkan ke dalam wadah panas atau sebaliknya.

Jika tidak, wadah yang terbuat dari kaca bisa pecah dan sangat berbahaya. Disimak ya empat tips berikut ini :

1. Panaskan oven hingga 275 F atau setara dengan 130 C. Jangan tergoda untuk memanaskan oven lebih tinggi, karena akan berisiko memecahkan kaca toples.

2. Letakkan dua lapis kertas koran di setiap rak oven tetapi tidak di lantai oven. Jika Anda menggunakan oven gas, pastikan koran Anda jauh dari nyala api.

3. Atur toples makanan di rak oven, pastikan toples tidak saling bersentuhan. Tutup pintu oven dan sterilkan toples selama minimal 20 menit.

4. Dengan menggunakan sarung tangan oven tebal, pindahkan setiap toples dari oven ke atas matras atau bantalan tahan panas. Pastikan Anda mengisi selai atau bahan makanan lainnya dengan suhu yang sama panasnya dengan toples.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini