Jangan Panik Dulu, Ini Penyebab Wanita Telat Datang Bulan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 481 2240501 jangan-panik-dulu-ini-penyebab-wanita-telat-datang-bulan-V966xbvW9k.jpg Kenali penyebab telat datang bulan (Foto : Sheknows)

Menstruasi atau yang dikenal sebagai datang bulan memang dialami oleh setiap perempuan yang sudah beranjak remaja maupun dewasa. Datang bulan bisa jadi momok menyebalkan bagi sebagian wanita. Pasalnya, datang bulan menyebabkan ketidaknyamanan hingga nyeri yang dirasakan sebagian wanita.

Namun, terlambat datang bulan juga menyebabkan sebagian wanita khawatir. Mereka mulai cemas dan bertanya-tanya. Padahal ada beberapa faktor yang menyebabkan Anda telat datang bulan.

Melansir Ubykotex pada Jumat (3/7/2020), berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda telat datang bulan.

Stres

Stres

Stres dapat diakibatkan ketika perempuan merasa sudah tak sanggup untuk menghadapi suatu beban. Seperti disibukkan oleh pekerjaan, menghadapi soal ujian yang sangat sulit, putus cinta, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : Sosok Agnes Jennifer Hebohkan KPK, Tampil Cantik saat Diperiksa

Stres dapat mempengaruhi cara kerja tubuh. Bahkan stres dapat menghentikan sistem kerja tubuh yang bertugas mengatur siklus menstruasi. Untuk itu, luangkanlah waktu ditengah kesibukan Anda untuk meredakan stres.

Sakit

Jika Anda terserang penyakit secara tiba-tiba seperti flu, demam, atau sakit perut, kemungkinan hal itu juga dapat membuat datang bulan Anda telat. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter apakah Anda memiliki penyakit yang membuat menstruasi telat.

Sakit Flu

Penurunan atau Pertambahan Berat Badan

Meskipun mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga bagus untuk kesehatan, namun terlalu over melakukannya dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Terlalu banyak olahraga tetapi mengabaikan makan dapat menyebabkan tubuh kehilangan lemak secara drastis yang dapat Anda telat datang bulan. Jadi, pastikan Anda melakukan diet secara seimbang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini