Cegah Paparan Covid-19 Antartenaga Medis, RS Terapkan Tatap Muka Virtual

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 03 Juli 2020 19:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 03 481 2240825 cegah-paparan-covid-19-antartenaga-medis-rs-terapkan-tatap-muka-virtual-bhZcylM8o0.jpg Ilustrasi. (Foto: Pertamedika)

MEMINIMALISIR pertemuan di tempat umum menjadi upaya nyata pencegahan penyebaran virus corona. Begitu juga yang dilakukan di rumah sakit, tempat paling riskan dari paparan Covid-19.

Sadar dengan bahaya paparan Covid-19, tak hanya memberlakukan telemedicine untuk pasien dan dokter loh. Ada juga ada cara berkomunikasi baru antar dokter dan tenaga kesehatan.

Upaya ini dilakukan dengan memaksimalkan penggunaan teknologi bernama Cisco. Teknologi ini memudahkan dokter dan tenaga medis bisa berkomunikasi secara virtual, sehingga membuat mereka terhindar dari paparan Covid-19. 

pertamedika

Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat mengatakan, adanya teknologi baru di bidang medis, tentu menjadi solusi, yang juga membantu mengurangi risiko paparan Covid-19 kepada tenaga medis. Meski begitu, updaya tersebut dilakukan tanpa mengurangi kualitas layanan kesehatan dari tenaga kesehatan kepada pasien Covid-19.

"Tidak dapat dipungkiri, lewat penggunaan teknologi ini rumah sakit dapat meminimalkan berbagai kendala di Rumah Sakit Umum maupun Rumah Sakit Khusus seperti RS Covid-19," terang Okezone melalui pesan tertulis, Jumat (3/7/2020).

Tujuan lain menerapkan konsep komunikasi virtual ini, kata Fathema, juga untuk mendorong inovasi teknologi di bidang medis, serta memaksimalkan komunikasi efektif antartenaga medis. Pada akhirnya akan semakin menunjang standarisasi kualitas pelayanan yang optimal pada pasien, tidak hanya pada satu rumah sakit saja, namun untuk seluruh RS di berbagai pelosok Indonesia.

Fathema mengatakan, sudah banyak rumah sakit yang berkontribusi dalam percepatan penanganan Covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan rumah sakit ini antara lain menyediakan fasilitas rumah sakit yang cukup untuk pasien Covid-19.

"Seperti kami memiliki dua rumah sakit rujukan nasional untuk penanganan Covid-19; RS Pertamina Jaya dan RS Pertamina Pusat yang membuat RSPP Extension Simprug. Rumah sakit ini diharapkan menjadi fasilitas kesehatan yang mumpuni dalam penanganan pasien Covid-19 di Indonesia," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini