7 Tips Belajar Online Menyenangkan ala Dokter Reisa

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 196 2241217 7-tips-belajar-online-menyenangkan-ala-dokter-reisa-CNN0agSmvI.jpg Ilustrasi. (Freepik)

METODE belajar online yang dilakukan para siswa-siswi setidaknya sudah dilakukan selama empat bulan. Ada tips menyenangkan dari Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro, agar para murid tidak bosan belajar di rumah.

Dokter Reisa mengatakan, kegiatan belajar online sebenarnya tidak bisa menggantikan kegiatan belajar tatap muka. Bahkan menjelang pelaksanaan tahun ajaran dan tahun akademi baru 2020-2021, sebagian besar anak-anak akan kembali menerapkan belajar jarak jauh.

Oleh sebab itu, ada 7 tips yang bisa diterapkan orangtua agar anak sukses melakukan kegiatan belajar online. Apa saja?

Baca Juga: Siswa di Zona Hijau Covid-19 Bisa Sekolah Lagi, Dokter Reisa Sebut 6 Syaratnya

reisa

1. Siswa dan guru harus bergembira, jangan stress. Pastikan semuanya sudah paham dengan cara mengoperasikan alat teknologi.

2. Bagi kelas menjadi kelompok belajar yang kecil. Diskusi kerja kelompok akan membuat waktu belajarnya lebih efektif.

3. Guru dan murid sepakat mengerjakan tugas kelompok dan menciptakan suatu tantangan atau lomba yang memerlukan kolaborasi.

4. Alokasikan waktu bagi murid-murid yang tertinggal atau kurang dapat memahami sesi pembelajaran. Pastikan semua murid sudah hampir sama pemahamannya terhadap subjek yang diajarkan.

5. Fokus dan kuatkan pada subjek pelajaran yang dapat ikut membantu kemampuan para murid untuk bisa sukses di pelajaran mana pun. Misalnya bahasa dan sains.

6. Amati, tiru, modifikasi dan lihat cara guru lain belajar dan pastinya yang bagus itu yang menjadi contoh. Tanya tips dan triknya lalu adopsi di kelas masing masing. Begitu juga dengan para murid, tanyakan bagaimana teman bisa mengikuti pembelajaran dengan baik meski melalui online.

7. Ingat proses belajar jarak jauh bukan memindahkan kelas dari ruang fisik ke ruang digital. Cara membuat sesi online menjadi riang gembira dan penuh interaksi serta mudah mentransfer ilmu pengetahuan adalah dengan berkreasi dan tentunya dengan bekerja sama.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini