Tips Sukses Jadi News Anchor ala Risca Indah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 Juli 2020 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 04 612 2241136 tips-sukses-jadi-news-anchor-ala-risca-indah-Ha0EtC3nBM.jpg Risca Indah berbagi tips jadi news anchor. (Foto: Twitter Risca Indah)

SAAT ini banyak mahasiswa yang masih bingung dengan profesi yang akan mereka geluti di kemudian hari. Mereka bahkan belum begitu paham tentang modal awal yang harus mereka miliki untuk mengejar cita-citanya.

News Anchor MNC News, Risca Indah pun berbagi pengalamannya untuk para mahasiswa ataupun para fresh graduate yang masih bingung dengan pekerjaan yang hendak dijalaninya. Menurutnya pekerjaan sebagai news anchor yang digelutinya saat ini dimulai dari reporter.

Baca Juga: 4 Pesona Gaya Veronica Tan Setelah Cerai dari Ahok, Enggak Bikin Bosan

risca

“Kalau mau jadi news anchor atau penyiar berita, saya sih lebih suka jadi orang lapangan dulu. Jadi modal awalnya reporter as a jurnalis. Karena menjadi reporter di lapangan itu menurut saya adalah pengalaman yang berharga,” saat diwawancarai Okezone di iNews Center, Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Wanita cantik ini mengatakan, pengalaman saat berada di lapangan inilah yang membuat seseorang menjadi matang. Pasalnya seorang reporter dituntut untuk bisa memberikan segala informasi kepada permirsa, berdasarkan apa yang diketahui di lapangan.

Selain itu juga jam terbang kita di lapangan juga sangat menentukan. Semakin banyak kita di lapangan, semakin matang kita di lapangan dan semakin banyak yang kita pelajari jadi modal kuat buat kita sebelum menjadi seorang news anchor.

“Kalau jadi jurnalis di lapangan kan panas, capek, nungguin narasumber. Pasti ngambil cara mudahnya, tapi jam terbangnya juga terbatas. Ya sebenarnya nggak masalah tapi balik lagi ke diri, kematangan seseorang atau kematangan kitanya akan kelihatan,” lanjutnya.

Selain itu Risca mengatakan mengatakan seorang presenter, news anchor atau penyiar berita yang matang akan sangat terlihat di layar. Apalagi saat melakukan sesi interview dengan narasumber. Intinya menjadi seorang jurnalis atau reporter adalah langkah awal sebelum menjadi penyiar atau news anchor.

“Karena pengalaman-pengalaman untuk tampil. Tidak hanya di depan kamera tapi juga di hadapan jutaan permirsa. Menurut saya satu kamera mewakili jutaan mata permirsa sebenarnya,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini