Dokter Ungkap Alasan Banyak Orang Bersepeda di Era New Normal

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 05 Juli 2020 15:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 05 481 2241492 dokter-ungkap-alasan-banyak-orang-bersepeda-di-era-new-normal-aCNKcidrFI.jfif Bersepeda bermanfaat bagi kesehatan (Foto : Okezone)

Memasuki era new normal, tren bersepeda kembali di gemari masyarakat Indonesia. Ada beberapa alasan yang melatarbelakanginya.

Hal tersebut disampaikan secara gamblang oleh Spesialis Kedokteran Olahraga, Dr Andhika Raspati, SpKO dalam diskusi bersama BNPB, Minggu (5/7/2020).

"Sepeda itu jadi tren karena bisa membantu sebagai alternatif transportasi. Naik sepeda kan bisa untuk ke kantor, karena sekarang orang mau naik kereta, atau naik kendaraan umum juga ngeri-ngeri sedap. Jadi memang sepeda adalah alternatif terbaik," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Poetot Soedarjanto, salah satu seorang pesepeda yang juga pelopor gerakan Bike to Work.

Bersepeda

Baca Juga : Tips Aman Gowes Sepeda di Masa Pandemi Covid-19

Putut mengatakan bahwa kebanyakan masyarakat beralih menggunakan sepeda, karena sudah merasa bosan berdiam diri selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung.

"Rata-rata bosan sudah 2 bulan dikurang, dan selama pandemi ahli kesehatan kan merekomendasikan olahraga di sekitar rumah saja. Akhirnya banyak yang beli sepeda. Ini juga pengakuan teman-teman kantor saya sendiri," terang Poetoet.

Selain itu, ditutupnya tempat olahraga umum akibat pandemi Covid-19, juga menjadi alasan mengapa begitu banyak orang yang mulai tertarik untuk bersepada.

"Banyak tempat-tempat olahraga atau fitness yang masih ditutup belum diizinkan buka. Selain itu bersepeda juga mendatangkan manfaat kesehatan yang luar biasa," ungkap Poetoet.

Bersepeda

Hal tersebut dibenarkan oleh dr. Andhika. Dia mengatakan bahwa sepeda merupakan salah satu latihan cardio yang sangat praktis untuk dilakukan.

"Bersepeda merupakan sebuah bentuk dari latihan cardio yang efeknya banyak banget. Selain bisa meningkatkan kebugaran, menjaga tubuh dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan paru, bersepeda juga dapat meningkatkan imunitas tubuh untuk mencegah penularan Covid-19," tandasnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini