Siasat High-End Brand Incar Generasi Muda, Muncul di Drama Korea!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 194 2242145 siasat-high-end-brand-incar-generasi-muda-muncul-di-drama-korea-Lurd00Hk79.jpg Brand fashion dunia muncul di drama korea (Foto : SCMP)

Ada anggapan di masyarakat bahwa generasi muda tak mampu membeli 'high-end fashion brand' karena masalah ekonomi. Ya, kita tahu bersama bahwa barang yang mereka jual biasanya dibandrol dengan harga fantastis.

Masalah ini kemudian coba dikenali dan dipecahkan. Sebab, bagaimana pun fashion brand perlu memperluas pasar dan generasi muda merupakan pasar yang menjanjikan.

Menurut laporan South China Morning Post, pemilik high-end fashion brand sekarang ini menggunakan tak-tik tak biasa, yaitu tampil di drama Korea. Cara ini dianggap mampu menggaet pasar muda yang selama ini kurang banyak tersentuh.

Sebut saja brand McQueen yang tampil di drama Korea yang sempat fenomenal, 'The World of the Married'. Di salah satu scene, Kim Hee-ae memadukan The Story bag McQueen dengan rose-patterned pussy-bow shirt, high-waisted houndstooth trousers dan ivory raincoat dari label yang sama.

Drama Korea

Sementara itu, brand Roger Vivier pun terpantau muncul di dua episode drama Korea yaitu 'The King: Eternal Monarch'. Brand itu tampil dalam koleksi bouquet strass slingback pumps yang dikenakan aktris Jung Eun-chae.

Baca Juga : Pesona Ji Chang Wook, Aktor Ganteng Korea yang Berulang Tahun ke-33

Bukan hanya dua brand itu saja yang muncul di drama Korea, tetapi ada juga Tod yang kala itu dibawa karakter utama wanita dari hit show Crash Landing On You, Miu Miu dan Alaia pun pernah terpantau ada di scene drama Korea.

Barang-barang high-end tersebut dibagikan kepada pengikut online brand fashion tersebut atau kepada editor mode melalui siaran pers yang terperinci. Maksudnya, tidak semuanya kemudian bisa mendapatkan koleksi tersebut.

Banyak merek high-end, mulai dari Montblanc hingga Ferragamo, sudah memiliki hubungan baik dengan aktor dan aktris K-drama dalam beberapa bulan terakhir. Ini merupakan cara yang kerap dipilih rumah mode untuk mengenalkan produk terbaru mereka pada publik.

'Trik' semacam ini juga dinilai efektif mengingat dunia sekarang ini tengah dilanda pandemi yang membuat semua rencana dibatalkan. Hal tersebut tentu berdampak langsung pada rumah mode high-end yang mana biasanya mereka mendapatkan pemasaran dengan pemotretan, fashion show, atau launching produk secara ekslusif.

Drama Korea

Namun, Korea Selatan semacam 'ladang' untuk rumah mode ini mengiklankan produk mereka tanpa merasa takut akan pandemi. Maksudnya, dengan tampil di K-drama, itu sama saja sudah memasarkan suatu produk high-end.

"Korea adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang ekonominya jalan, meski protokol kesehatan diberlakukan," terang Inhae Yeo, direktur agensi komunikasi global Oikonomos.

Dia menambahkan, bukan hanya menggunakan K-drama untuk mengenalkan produk ke masyarakat, rumah mode high-end juga menggunakan platform lain yang banyak digunakan generasi muda, sebut saja Webtoons.

"Jadi, merek besar menempatkan koleksi mereka di beberapa webtoon populer," tambahnya. Yeo tak menampik, streaming telah menjadi pasar yang populer bagi luxury brand untuk memasarkan koleksi sebab di sana ada permintaan dan minat yang tinggi.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini