Ingin Belanja Bahan Makanan di Pasar? Ini 11 Tips Aman agar Terhindar Dari Covid-19

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 298 2241663 ingin-belanja-bahan-makanan-di-pasar-ini-11-tips-aman-agar-terhindar-dari-covid-19-nSha1eRUVY.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

DI tengah pandemi Covid-19, tak sedikit masyarakat mulai beraktivitas normal. Meskipun begitu, Anda diimbau untuk melakukan protokol kesehatan, termasuk saat berbelanja di pasar.

Karena saat ini pasar menjadi salah satu tempat yang harus. Ramainya penjual dan pembeli memungkinkan adanya kontak fisik saat Anda berbelanja di pasar. 

Makanya ada protokol kesehatan yang perlu diperhatikan agar terhindari dari Covid-19. 19. Berikut ulasan tips aman berbelanja di pasar yang bisa Anda simak, dilansir Okezone dari laman resmi Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca Juga: Jangan Asal Gowes, Bersepeda Harus dengan Persiapan Matang

pasar

1. Pastikan arus pengunjung satu arah di pintu masuk dan keluar

2. Baik pedagang dan pembeli wajib gunakan masker dan cek suhu badan

3. Usahakan tidak sentuh keran secara langsung dan mencuci tangan dengan sabun

4. Pakai faceshield atau tirai pembatas

5. Atur jarak lapak minimal 1,5 meter agar aman bagi penjual maupun pembeli

6. Bisa memanfaatkan ruang terbuka untuk berjualan

7. Penting menjaga semua produk tetap higienis

8. Tempat berjualan tidak boleh lembab dan gelap

9. Batasi jumlah pengunjung dan jangan berdesakan

10. Hindari sentuhan langsung dengan orang maupun barang

11. Perlu unit khusus dan petugas keamanan untuk awasi pedagang dan konsumen

Sementara itu, di tengah angka kasus Covid-19 yang masih meningkat, Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro, mengingatkan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan. Salah satunya dengan menggunakan masker bila di luar rumah dan rutin mencuci tangan.

"Bagi masyarakat yang terpaksa berbelanja di supermarket maupun pasar, disarankan untuk membawa tas atau kantung belanja dari rumah. Gunakan bahan yang dapat dicuci, agar dapat memastikan kebersihannya," kata Reisa dalam konferensi pers di BNPB, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengingatkan untuk menjaga kebersihan diri saat di tempat umum, seperti tidak memegang benda-benda yang kerap dipegang orang banyak seperti gagang pintu, pegangan tangga, atau tombol lift. Lalu, jangan lupa mencuci tangan setelah menerima atau struk setelah berbelanja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini