5 Jajanan Hits Era 90-an yang Menggugah Selera, Apa Saja?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 298 2242012 5-jajanan-hits-era-90-an-yang-menggugah-selera-apa-saja-25oAgqQLlu.jpg Gulali (Foto: Inst Khali)

Indonesia memiliki aneka jenis jajanan lezat yang menarik untuk dicicipi. Bahkan beberapa makanan yang cukup terkenal di Indonesia berasal dari jajanan masa lalu.

Hingga saat ini beberapa penjual masih mempertahankan jajanan tersebut karena masih banyak digemari masyarakat. Merangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa jajanan favorit di era 90-an. Yuk disimak.

telur gulung

1. Telur gulung

Telur gulung seakan menjadi jajanan abadi yang tidak pernah hilang termakan zaman. Pada era 90-an telur gulung banyak diminati anak-anak karena rasanya yang lezat. Telur akan digoreng dalam kuali penuh dengan minyak dan digulung dengan sebatang kayu.

2. Gulali

Gulali yang diolah menjadi beberapa bentuk hewan maupun benda menjadi jajanan khas era 90-an. Gulali dibua dari karamel yang dipanaskan dan diberi dengan beberapa macam pewarna. Adonan gulali dipanaskan dan dibentuk menyerupai berbagai macam benda atau hewan ketika masih panas.

 Baca juga: Pesona 5 Ratu Sinetron Era 90-an, Masih Secantik Dulu Lho!

3. Sate kikil

Jajanan sekolahan era 90-an yang kerap ditemui adalah sate kikil. Pada dasarnya sate ini serupa dengan sate pada umumnya, namun bahan utamanya diganti dengan kikil (bagian daging pada kaki sapi) untuk menekan harga supaya terjangkau. Sate kikil menjadi primadona jajanan anak sekolahan.

4. Batagor

Hingga saat ini batagor tetap eksis sebagai jajanan abadi yang mudah ditemui di mana saja. Batagor terbuat dari aci (tepung) yang dimasukkan ke dalam tahu atau pangsit dan digoreng. Batagor biasanya disajikan dengan bumbu kacang, kecap dan saus.

5. Pentol

Pentol juga menjadi jajanan hits era-90 an. Selintas pentol bentuknya menyerupai bakso namun menggunakan lebih sedikit daging dalam pembuatannya. Bahkan ada beberapa pentol yang dibuat dari tepung kanji. Pentol biasa dihidangkan dengan kecap ataupun saus. Tapi ada juga yang disajikan menggunakan kuah layaknya bakso.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini