4 Makanan yang Berbahaya Jika Tak Dimasak dengan Benar

Senin 06 Juli 2020 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 298 2242133 4-makanan-yang-berbahaya-jika-tak-dimasak-dengan-benar-wyicNZIpd1.jpg Ayam harus dimasak dengan matang (Foto: Insider)

Di tengah pandemi Covid-19, kita harus memakan makanan yang sehat untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun makanan sehat pun harus dimasak dengan baik dan benar agar tak membahayakan.

Seperti dilansir Times of India, ada 4 makanan yang bisa berbahaya jika tidak dimasak dengan benar. Apa saja?

daging babi

1. Daging babi

Parasit hangat yang diidentifikasi sebagai trichinella spiralis ditemukan pada babi. Dengan demikian, mengonsumsi daging babi mentah atau kurang matang dapat menimbulkan masalah kesehatan, seperti diare, muntah, demam, mual diikuti oleh gejala yang lebih serius seperti sakit kepala, kedinginan, batuk, kulit gatal, dan lannya.

Baca juga: Tanggapi Kalung Antivirus Corona Kementan, Ini Kata Pakar Kesehatan?

2. Ayam

Seperti dilansir dari Sindo News, unggas dapat menjadi sumber banyak bakteri penyebab penyakit seperti campylobacter dan salmonella. Jadi, cara yang baik untuk dikonsumsi adalah dengan selalu memasak ayam secara menyeluruh. Memeriksa suhu internal ayam dan memasak hingga mencapai 165 derajat Celcius adalah langkah yang bagus untuk memastikan memasak yang benar.

3. Telur mentah

Mengkonsumsi telur mentah cukup umum di kalangan masyarakat. Dari menggunakan putih telur mentah dalam krim kue hingga menggunakannya dalam mayones, beberapa orang bahkan menyukai rasa telur setengah matang. Tetapi, apakah aman untuk mengkonsumsi telur mentah?

Telur mungkin mengandung bakteri (salmonella), yang dapat menyebabkan keracunan makanan dan sakit perut. Kadang-kadang, bahkan dapat menularkan virus flu. Oleh karena itu penting untuk memasak telur dengan benar sebelum dimakan, apalagi di tengah pandemi Covid-19.

4. Singkong

Singkong merupakan sumber karbohidrat yang kaya, tetapi harus direndam dalam air 24 jam sebelum dimasak dengan benar. Singkong mentah mengandung racun yang bermetabolisme di dalam tubuh untuk menghasilkan sianida. Ini bahkan lebih buruk dengan singkong pahit yang ditanam selama musim kemarau. Jadi, memasaknya dengan benar menjadi sangat penting.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini