Jalan-Jalan ke Yogyakarta, Jangan Lupa Nikmati Eksotisme Candi Plaosan

Dada Sathilla, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 406 2242004 jalan-jalan-ke-yogyakarta-jangan-lupa-nikmati-eksotisme-candi-plaosan-RkDWeY445t.jpg Candi Plaosan (Foto: Sathilla)

Jalan-jalan ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke berbagai candi yang eksotis dan indah. Di dekat komplek Candi Prambanan yang beraliran Hindhu, ada beberapa candi Buddha juga.

Salah satunya adalah Candi Plaosan. Candi ini dibangun sebagai bukti ikatan cinta raja Hindhu Rakai Pikatan kepada permasurinya yang beragama Buddha.

Berjarak 1 kilometer dari Candi Prambanan yang tersohor, Candi Plaosan berdiri kokoh di tengah hamparan sawah yang menghijau. Di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah inilah kedua candi Plaosan berdiri kokoh sejak abad ke-9.

Candi Plaosan

Terdiri dari 2 candi utama yang sangat mirip, Candi Plaosan juga kerap disebut sebagai candi kembar.

Meski dibangun dengan arsitektur Hindhu yang kental, Candi Plaosan sejatinya adalah candi Buddha. Candi ini dibangun oleh raja Rakai Pikatan dari dinasti Sanjaya yang beragama Hindhu untuk permaisurinya Pramodyawardhani dari dinasti Syailendra yang beragama Buddha.

Baca juga: Pesona 5 Ratu Sinetron Era 90-an, Masih Secantik Dulu Lho!

Selain kerap disebut sebagai candi kembar, kedua candi Plaosan juga disebut sebagai candi Plaosan Lor (utara) dan candi Plaosan Kidul (selatan). Keduanya memiliki tinggi yang sama, 21 meter, sama-sama dijaga patung Dwarapala, dan memiliki halaman di tengah.

Pada halaman Candi Plaosan Lor dilengkapi dengan pendopo dengan 3 buah altar di sisi-sisinya. Sedang Candi Plaosan Kidul dikelilingi oleh 8 candi kecil yang terbagi jadi 2 tingkat.

Pemerintah kabupaten Klaten hari ini mensurvei Candi Plaosan sebagai bagian dari rencana membuka kembali Candi Plaosan. Kemungkinan besar Candi Plaosan akan dibuka sebentar lagi.

Candi Plaosan bisa dicapai dengan naik mobil atau motor dari Yogya. Setelah melewati Candi Prambanan lurus terus lalu belok kiri mengikuti petunjuk jalan.

Bila naik bus umum atau Transjogja turunlah di terminal Prambanan atau halte Prambanan lalu ganti dengan ojek. Tiket masuknya Rp.10.0000.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini