Chelsea Olivia Pamer Pose Yoga Favoritnya yang Bisa Atasi Sakit Punggung

Elsa Virina Simanjuntak, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 481 2241908 chelsea-olivia-pamer-pose-yoga-favoritnya-yang-bisa-atasi-sakit-punggung-nXHWSu7mv3.jpg Chelsea Olivia yoga saat hamil (Foto : @chelseaolivia/Instagram)

Permasalahan punggung bukan hal asing lagi bagi para ibu hamil (bumil). Namun, ibu hamil tidak perlu khawatir karena ada cara jitu untuk mengatasinya, seperti salah satu tips yang dibagikan artis Chelsea Olivia.

Chelsea Olivia baru-baru ini memamerkan keseruannya melakukan yoga bersama sang suami, Glenn Alinskie. Pada kehamilannya yang menginjak 21 minggu, Chelsea masih aktif melakukan yoga yang dibagikannya di akun Instagram pribadinya @chelseaoliviaa.

Menurutnya, yoga adalah salah satu olahraga yang cocok untuk ibu hamil. Posisi meregangkan badang ke belakang dengan pinggang yang bertumpu pada kaki partner yoga ini menjadi posisi andalannya.

Chelsea Olivia

“Posisi ini aman banget buat ibu hamil, asal dalam pengawasan professional. Dan jujur posisi ini favorite aku karna dia streching bagian back yg sering menjadi keluhan para ibu hamil yg suka sakit punggung-pinggang)," tulis Chelsea Olivia.

Baca Juga : Tips Buat Pizza Seenak Restoran di Rumah ala Titi Kamal

berikut ini adalah beberapa manfaat pilates dan yoga untuk ibu hamil, seperti dilansir dari berbagai sumber.

Melatih pernapasan

Salah satu manfaat yoga untuk ibu hamil, yakni melakukan teknik pernapasan. Di masa kehamilan, kondisi seseorang akan mengalami perubahan hormon yang membuat emosi dan mood akan naik dan turun tanpa alasan.

Jika seorang ibu hamil dapat bernapas lebih baik, tentu hal ini dapat membantu dalam mengontrol emosi selama kehamilan. Dengan berlatih teknik pernapasan dapat juga meningkatkan kualitas nafas dan memaksimalkan asupan oksigen yang baik untuk janin. Tak hanya itu, berlatih teknik pernapasan juga dapat membantu ibu hamil mengurangi atau mengontrol rasa sakit selama proses kontraksi.

Mengatasi tubuh lelah

Pilates membantu mempertahankan stamina secara aman. Stamina dibutuhkan bumil untuk mengatasi kelelahan saat kehamilan. Seperti diketahui ibu hamil cenderung lebih mudah lelah karena kerja organ di dalam tubuh bumil menjadi lebih berat.

Bebas varises, kaki kram, dan bengkak

Gerakan kaki saat berlatih pilates bisa melancarkan peredaran darah. Pilates melatih otot-oto besar dan otot-otot pergelangan kaki. Aliran darah yang lancar membuat kaki bebas bengkak dan tidak mengalami kram.

Menguatkan otot panggul

Ibu Hamil Yoga

Latihan yoga juga bermanfaat untuk membantu mempersiapkan otot-otot di area pinggul lebih lentur dan fleksibel untuk proses melahirkan. Beberapa pose seperti squat atau jongkok, biasanya dilatih berulang kali dalam membantu membuka area pinggul dan pelvis.

Pembesaran perut saat hamil membuat beban yang harus disangga oleh punggung juga semakin besar. Gerakan pilates yang menekankan pada kekuatan otot perut akan membantu mengurangi berat yang ditanggung pinggang dan otomatis Anda akan terbebas dari sakit pinggang yang sangat mengganggu.

Menjaga kebugaran dan kesehatan

Olahraga memiliki manfaat membuat tubuh kita sehat, begitu juga dengan manfaat yoga dan pilates untuk ibu hamil. Gerakan yoga bisa membantu Anda tetap sehat dan kuat serta merasa relaks. Selain itu, dengan latihan pilates, keseimbangan tubuh Anda akan terjaga dan Anda akan merasa lebih bugar sampai waktu melahirkan. (Hel)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini