Menstruasi Tak Teratur, Apakah Gejala PCOS?

INews.id, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 481 2242566 menstruasi-tak-teratur-apakah-gejala-pcos-yhWtW6UV7x.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEREMPUAN biasanya memiliki siklus menstruasi normal rata-rata 28 hari. Tapi, tidak semua orang mengalami menstruasi tepat pada waktunya.

Banyak hal yang membuat seorang perempuan mengalami gangguan menstruasi, mulai dari stres, kelelahan hingga gangguan hormon. Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan dr Kanadi Sumapraja, SpOG(K), MSc, mengungkapkan panjang siklus menstruasi yang teratur atau normal adalah 24 sampai 38 hari sekali.

“Apabila perempuan menstruasi tak teratur, maka tentu menimbulkan pertanyaan, ada apa dengan siklus haid tadi. Katakanlah, siklusnya tiga bulan sekali atau bahkan satu tahun sekali menstruasi, itu hati-hati karena ada konsekuensi jika Anda mengalami siklus menstruasi tak teratur,” ujar dr Kanadi di RS Pondok Indah Live Webinar.

Jika mengalami siklus menstruasi tak teratur, lebih dari 38 hari, maka itu dapat disebut sebagai gangguan menstruasi. Namun, sambung dia, jika Anda mengalami gangguan menstruasi, bukan berarti Anda mengidap sindrom ovarium polikistik (PCOS).

“Gangguan menstruasi tidak selalu didiagnosa PCOS, PCOS adalah sebuah diagnosis paling ujung. Tidak semua gangguan menstruasi dilabeli dengan PCOS,” ujarnya.

kehamilan

Baca Juga: Telat Datang Bulan, Mungkinkah Alami PCOS?

PCOS merupakan gangguan hormon di mana perempuan mengalami gangguan menstruasi dan memiliki kadar hormon androgen atau hormon maskulin yang berlebihan. “Tetapi apa pun itu, apabila seorang perempuan mengalami gangguan haid atau menstruasi, kecurigaan pertama adalah adanya siklus yang tak menghasilkan sel telur atau anovulasi,” ucapnya.

Anovulasi terjadi ketika sel telur perempuan atau ovum tidak matang sehingga tidak dapat dibuahi oleh sperma. “Kalau tak terjadi ovulasi, artinya tidak ada sel telur matang, sehingga tidak ada masa subur,” katanya.

Meski demikian, untuk memastikan penyakit yang diderita seseorang perlu adanya pemeriksaan Ultrasonography (USG), sebelum menyimpulkan bahwa gangguan menstruasi yang dialami adalah PCOS atau bukan.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini