Vaksin Covid-19 Diprediksi Tersedia di Indonesia Pertengahan 2021

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 18:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 481 2242682 vaksin-covid-19-diprediksi-tersedia-di-indonesia-pertengahan-2021-NX6VcrijMW.jpg Ilustrasi vaksin Covid-19 (Foto : Medicalnewstoday)

Vaksin Covid-19 belum ditemukan oleh para peneliti, baik di Indonesia maupun dunia. Namun, Indonesia mendapat kabar baik mengenai perkembangan vaksin Covid-19.

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, dr Reisa Broto Asmoro mengatakan bahwa vaksin Covid-19 hasil penelitian para ahli kesehatan Indonesia bisa segera didapatkan kurang lebih satu tahun lagi.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan yang dikeluarkan oleh Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kementerian Riset dan Teknologi, Profesor Ali Ghufron Mukhti. Ria memprediksi vaksin lokal akan diproduksi massal dan tersedia bagi masyarakat Indonesia di pertengahan 2021.

Dokter Reisa

"Nantinya, vaksin akan diberikan terlebih dahulu kepada populasi yang berisiko seperti lansia dan mereka yang memiliki penyakit penyerta, atau masuk masuk dalam populasi yang memerlukan sekali perlindungan dari Covid-19," kata Reisa dalam konferensi pers di BNPB, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga : 4 Gaya Marion Jola Pakai Baju Ketat Makin Menggoda

Reisa menambahkan, saat ini para ahli kesehatan Indonesia juga tengah bekerjasama dengan Korea Selatan demi menciptakan vaksin yang tepat. Hal tersebut sekaligus menunjukkan bahwa bukan Indonesia saja yang bergotong royong melawan Covid-19, namun juga seluruh negara di dunia.

Sementara untuk perkembangan uji coba vaksin Covid-19 di Indonesia sendiri dikabarkan telah menunjukkan progres yang positif. Dari 15 tahapan yang harus dipenuhi, calon vaksin asal Indonesia telah berhasil melalui 8 tahapan, sehingga masih harus melalui 7 tahapan uji coba berikutnya, namun akan memakan waktu yang lebih lama.

"Kita patut optimis bahwa Indonesia dapat menciptakan vaksin covid-19 sendiri. Dan perlu diingat, sebelum vaksin ada, kita wjaib melindungi diri kita dan sekitar dari Covid-19. Dengan cara yang sudah kita ketahui bersama, jaga jarak aman 1 – 2 meter, pakai masker dengan benar, cuci tangan sesering mungkin dengan sabun dan air mengalir paling tidak 20 detik," tandasnya.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini