Viral Video Elang Comot Hiu, Ini Faktanya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 14:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 612 2242484 viral-video-elang-comot-hiu-ini-faktanya-JL2QEa0uSz.jpg Elang membawa terbang mangsanya (Foto: Twitter)

Seekor ikan hiu yang memangsa burung mungkin terlihat biasa. Namun belum lama ini beredar video yang memperlihatkan seekor burung berukuran besar yang terbang sambil membawa ikan hiu menggunakan cakarnya yang tajam.

Fenomena langka tersebut terjadi di pantai hotel yang berada di South Carolina, Amerika Serikat. Peristiwa tersebut terlihat dengan jelas dan menjadi viral setelah tersebar di media sosial.

Video ini dibagikan melalui akun Twitter @trackingsharks dan telah ditonton lebih dari 24,6 juta kali sejak pertama kali diunggah pada 30 Juni 2020.

 

Menurut Tracking Shark, burung besar tersebut berjenis osprey (elang tiram atau dikenal dengan elang ikan).

Setelah diselidiki Tracking Shark menilai hasil tangkapan burung tersebut bukanlah benar-benar seekor ikan hiu, melainkan makarel spanyol karena postur tubuh yang mirip hiu.

Burung tersebut tampak berputar di atas bibir pantai sambil mencengkeram mangsanya.

Ikan tersebut adalah spesies makarel yang sedang bermigrasi dengan berenang menuju Teluk Utara Meksiko pada musim semi. Kawanan ikan ini akan kembali menuju Florida Selatan di Teluk Timur dan Meksiko di teluk barat pada musim gugur.

 Baca juga: Terjebak Gempa di Gedung Pencakar Langit? Lakukan 5 Tindakan Evakuasi Ini

Meski demikian momen ini pantas diabadikan, pasalnya ikan yang menjadi mangsa burung ini memiliki berat yang diprediksi mencapai 3,2 kilogram. Sehingga pantas jika makarel Spanyol tersebut dikira sebagai seekor hiu kecil.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini