Menikah saat Pandemi Malah Hemat Biaya Loh

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 612 2242531 menikah-saat-pandemi-malah-hemat-biaya-loh-vZKbfkRq0o.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGADAKAN resepsi pada masa pandemi Covid-19 tentunya butuh perencanaan khusus. Bahkan banyak yang bilang kalai mengadakan resepsi di masa sekarang membuat kamu hemat bujet.

Karenanya, mengadakan resepsi pada masa pandemi Covid-19, membuatmu tidak mengundang banyak teman dan sahabat. Tentu hal itu terjadi karena dampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Prita Ghozie, CEO & Principal Consultant Zap Finance mengatakan, pada masa pandemi ini justru menjadi

momen untuk kita semua berefleksi bahwa sebenarnya perencanaan resepsi pernikahan tidak perlu memakan biaya besar. Apalagi kamu pilih berhutang kepada orangtua atu kerabat demi pesta pernikahan mewah.

"Sebuah pesta pernikahan dikatakan pemborosan ketika setelah menikah tidak ada dana darurat, jumlah biayanya sudah melebihi bujet yang sudah dikumpulkan sebelumnya, bahkan sampai berhutang," tuturnya dalam Bincang Virtual “Hemat Pernikahan Untuk Investasi Masa Depan di Masa Covid-19 Bintaro Jaya High Rise (BJHR), belum lama ini.

Baca Juga: Gaya Centil Thalia Onsu Pamer Tas Chanel, Calon Sosialita Ibu Kota Nih!

menikah

Akibatnya, jika memaksa untuk berhutang, kondisi keuangan dalam menjalin rumah tangga bisa jadi berantakan. Solusinya tentu saja sadar dengan kemampuan diri sendiri. Who are we fooling?

"Buat apa membuat pesta mewah, demi harga diri kalau akhirnya kita tidak bisa memenuhi berbagai kebutuhan keluarga termasuk punya rumah? Dana darurat, dana rumah, dan dana investasi untuk masa depan adalah 3 hal utama," tambahnya.

Prita kemudian menjabarkan perhitungan perencanaan pembiayaan resepsi yang ideal. Tentunya biaya tersebut membuat kamu lebih hemat.

Sebagai contoh, biaya pernikahan mewah yaitu mengundang 50 tamu dengan budget Rp75 juta. Artinya, jika baru mempersiapkan dana Rp50 juta, maka bayangkan selisih uangnya harus ditutup dengan hutang.

"Pernikahan bisa dilakukan dengan akad sederhana saja dihadiri keluarga, kemudian dana pesta-nya, bisa dialokasikan ke investasi, seperti properti misalnya”, tambah Prita.

Saat membahas soal pesta pernikahan, Pasangan Selebriti Ayudia Bing Slamet dan Ditto mengungkapkan, saat mereka menikah justru memilih untuk menggelar pesta pesta pernikahan sederhana. Mereka hanya mengumpulkan keluarga besar.

baca juga

"Karena pesta pernikahan itu kan hitungannya hajatan keluarga, jadi kita mengikuti tradisi keluarga dan rangkaian, dari mulai lamaran, akad hingga resepsi, capek banget, dan juga costly," ungkap Ayudia.

Bahkan, saat memulai untuk mengarungi rumah tangga, Ayudia dan Ditto menjelaskan belajar berinvestasi di masa muda. Mereka memilih untuk berinvestasi di properti, seperti yang sudah pernah dibagikan di media sosial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini