Viral Penampakan Awan Pelangi di Langit Jepang, Begini Bentuknya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 612 2242609 viral-penampakan-awan-pelangi-di-langit-jepang-begini-bentuknya-MVatLLJqTN.jpg Awan pelangi (Foto: Oddity Central)

Belum lama ini muncul fenomena langka yang terlihat di atas langit Tokyo, Jepang. Fenomena yang disebut sebagai awan pelangi ini dengan cepat menjadi viral di media sosial.

Pada 26 Juni 2020, laporan mengenai awan pelangi yang terlihat di langit Tokyo mulai dibagikan di Twitter. Sesuai dengan namanya, awan unik tersebut memang memiliki aneka macam warna yang menyerupai pelangi.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (7/7/2020), jika dilihat lebih dekat, fenomena optik yang terjadi itu tampak lebih mirip dengan ice halo ketimbang dengan pelangi.

 awan pelangi

Pada dasarnya fenomena ini lebih dikenal sebagai pelangi api karena sering terlihat seperti nyala warna-warni di langit.

Fenomena ini bisa terjadi karena bentuk awan cirrus yang terpisah-pisah. Penampakan ala mini sebenarnya adalah busur yang melingkar. Meski jarang terjadi di Jepang, tapi awan pelangi ini adalah kejadian yang cukup umum di beberapa bagian negara di dunia seperti Amerika Serikat.

Baca juga: Luna Maya Kepincut 3 Curug Indah di Bogor, Wajahnya Girang Banget

Penampakan alam ini dapat dilihat beberapa kali setiap musim panas di suatu tempat. Sementara negara yang jarang mendapatkan fenomena ini adalag Eropa Utara.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini