Jenius, Anjing Ini Bisa Berkomunikasi dengan Papan Suara

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 07 Juli 2020 17:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 07 612 2242619 jenius-anjing-ini-bisa-berkomunikasi-dengan-papan-suara-8jU59O5KCb.jpg Bunny (Foto: VT)

Seekor anjing jenius bernama Bunny menjadi viral karena mampu berkomunikasi dengan pemiliknya menggunakan papan suara. Anjing tersebut kini bisa memanggil sang pemilikinya ketika ingin bermain, pergi ke taman atau memberitahu majikannya bahwa ia mencintai mereka.

Uniknya Bunny tidak hanya mampu mengerti satu frase kata seperti ‘Pantai’ atau ‘Taman’. Bunny telah belajar berkomunikasi dengan kalimat penuh.

Dalam video yang beredar anjing dengan potongan menyerupai domba ini bahwa mampu mengatakan ‘Love you, mom’ kepada pemiliknya yang menyayanginya.

 papan suara

Sebagaimana dilansir dari VT, Selasa (7/7/2020), Bunny diperkenalkan kepada papan komunikasi yang dibuat khusus ketika ia tiba di rumah Devine pada September 2019. Setelah melewati beberapa pelatihan, Bunny pertama kali belajar menekan tombol tertentu ketika dia ingin pergi ke luar rumah untuk berkeliaran atau memukul-mukul tombol yang mengatakan ‘Luar’.

Papan suara milik Bunny memiliki total 45 tombol dan menurut sang pemilik yang bernama Alexis Devine, Bunny telah menguasai sistem tersebut dengan baik.

Anak anjing berusia 11 bulan itu bahkan dapat berbicara dengan kucing kesayangan keluarga sambil berkata ‘Mainkan, seram’.

“Papan suara tersebut telah menjadi pengalaman yang sangat positif. Bunny dan saya bekerja pada keterlibatan, trik dan kepatuhan untuk memperkuat ikatan setiap hari. Tetapi ini telah menambah banyak tawa, kegembiraan dan keajaiban dalam hidup. Ini selalu petualangan dan kami benar-benar menikmati perjalanan terlepas dari tujuan,” lanjutnya.

Alexis mengaku sangat tertarik untuk memperkenalkan metode komunikasi yang unik setelah melihat teknologi yang digunakan secara online oleh pemilik anjing lain. Ia terinspirasi oleh, Ahli Bahasa Patologi Christina Hunger dengan anjingnya yang bernama Stella.

Christina menggunakan komunikasi augmentatif dan alternatif untuk membantu orang berkomunikasi secara nonverbal. Ia merupakan salah satu orang pertama yang menggunakan papan suara kepada anjing.

Baca juga: Luna Maya Kepincut 3 Curug Indah di Bogor, Wajahnya Girang Banget

 

“Papan suara pertama yang kami gunakan adalah yang saya buat setelah mengikuti panduan Christina di blog-nya. Kami menggunakannya selama beberapa bulan sebelum saya berkomunikasi dengan Leo Trottier yang merupakan seorang ilmuwan kognitif. Dia sedang mencari penguji dari perangkat baru dan itu adalah papan yang saat ini kami gunakan dengan Bunny,” pungkasnya.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini