6 Fakta Foto Prewedding Busana Adat Jawa Tengah di Jepang yang Viral

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 16:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 194 2243215 6-fakta-foto-prewedding-busana-adat-jawa-tengah-di-jepang-yang-viral-mJoTXA5MVh.jpg Prewedding viral dengan busana adat Jawa Tengah di Jepang (Foto : @kameraganteng/Instagram)

Akun Instagram @hassanhass mendadak viral. Akun tersebut membagikan foto sepasang calon pengantin berfoto di tengah kota Kyoto, Jepang, mengenakan pakaian adat Jawa Tengah.

Aksi tersebut pun dipuji banyak netizen di media sosial. Netizen kagum dengan foto prewedding unik tersebut. Alasannya variatif, salah satunya ada warga Indonesia yang mau mengenalkan pakaian tradisional di Jepang dengan cara yang tak biasa.

Okezone berhasil mewawancarai langsung si fotografer, Mas Kasan, untuk mengulik lebih dalam mengenai foto prewedding tersebut dan kami coba merangkumnya menjadi 5 fakta berikut:

1. Pemotretan dilakukan sebelum pandemi

Viral Prewedding

Ternyata, foto prewedding yang viral tersebut bukan baru-baru ini dilakukan. Menurut Mas Kasan, pemotretan dilakukan April 2019, jauh sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

2. Konsep foto 'Modern Heritage'

Menurut Kasan, tema dari pemotretan tersebut ialah 'Modern Heritage'. Niatnya adalah untuk menggabungkan elok-murninya budaya Jawa berpadu dengan modern-classic Kyoto, Jepang.

"Konsepnya datang dari saya dan Novia, calon mempelai perempuan. Kebetulan kami semua berasal dari Jawa; Saya dari Kediri, Novia dari Pati, dan Hartanto (calon mempelai pria) dari Purworejo. Ide sudah kami bicarakan jauh-jauh hari sekitar 3-4 bulan sebelum photo session," kata Mas Kasan melalui pesan singkat, Rabu (8/7/2020).

Baca Juga : Viral 3 Foto Prewedding Pasangan Berbusana Adat Jawa di Kyoto Jepang, Wow Keren

3. Foto prewedding ini punya makna besar untuk calon pengantin

Tema foto prewedding ini juga menjadi sumber kekuatan si calon pengantin. Menurut Mas Kasan, Novia dan Hartanto menjalani hubungan jarak jauh dan dengan mengenakan pakaian tradisional itu, perlambang seberapa jauh fisik keduanya, jiwa dan akar budaya keduanya tetap satu, Tanah Jawa.

4. Baju dibawa langsung dari Indonesia

Baju tradisional yang dikenakan kedua sejoli itu berasal dari koleksi ayah Novia yang merupakan Pranotocoro (MC khusus Bahasa Jawa Halus) yang memiliki koleksi baju tradisional Jawa yang lumayan lengkap.

Viral Prewedding

5. Persiapan dilakukan mandiri

Semua persiapan dilakukan mandiri, mulai dari menggunakan pakaian tradisional, makeup, hingga mengondisikan lokasi pemotretan.

6. Alasan memilih Kyoto

"Kenapa Kyoto, sebenarnya tidak ada alasan khusus, lebih karena Hartanto kerja dan tinggal di kota tersebut, sehingga relatif dekat," terang Mas Kasan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini