Jangan Dimarahi, Begini Cara Bijak Menghadapi Anak yang Main Gadget Terus

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 196 2243172 jangan-dimarahi-begini-cara-bijak-menghadapi-anak-yang-main-gadget-terus-nUuC6tgn7z.jpg Anak main gadget (Foto: Pixabay)

Sejak anak-anak melaksanakan kegiatan belajar dari rumah, mereka cenderung belajar dengan memanfaatkan teknologi seperti menggunakan gadget dan internet. Hal itu membuat anak-anak terus berinteraksi dengan gadget.

Sementara itu, karena kegiatan tidak sepadat saat keadaan normal, anak-anak cenderung memanfaatkan gadget sebagai hiburan. Bahkan, beberapa anak memainkan gadget tanpa mengenal waktu.

Terus-menerus menatap layar gadget tentu tidak baik untuk kesehatan fisik maupun mental anak.

 anak main gadget

Menanggapi hal tersebut, Psikolog Anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi. mengatakan, orangtua perlu memperingatkan anak, tetapi tidak dengan cara memarahinya.

"Orangtua bisa membuat jadwal bersama dengan anak-anak. Kapan anak boleh bermain gadget, durasinya berapa lama, serta apa tujuan anak bermain gadget," ungkap Vera ketika dihubungi Okezone.

Baca juga: 4 Pesona Angela Lorenza Model Cantik Keturunan Arab China Pakai Kaos Timnas

Yang perlu dibatasi, lanjut Vera, adalah keperluan di luar kepentingan belajar. Terapkan dengan tegas dan konsisten dengan jadwal tersebut.

"Sepakati juga konsekuensinya jika ada pelanggaran," pungkasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini