Tak Perlu Stres Hadapi New Normal, Ada 6 Tips Mencegahnya

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 196 2243185 tak-perlu-stres-hadapi-new-normal-ada-6-tips-mencegahnya-HamfT7NdsD.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

RASA cemas yang muncul di era new normal merupakan hal wajar. Karena di era new normal masyarakat akan kembali beraktivitas seperti biasa dan hidup berdampingan dengan virus corona.

Namun, kecemasan yang berlangsung lama akan mempengaruhi sistem tubuh yang berujung pada stres. Di masa transisi new normal, dampak seperti ini mudah terjadi.

Agar tidak stres, Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa RS Royal Trauma N. Saelan Tadjudin Sp.KJ mengatakan, ada 6 tips yang bisa dilakukan ketika menghadapi new normal. Yuk simak!

Awareness

Menyadari dan peduli terhadap keadaan atau situasi pandemi dan New Normal saat ini yang bisa saja berlangsung lama.

Baca Juga: Ahli Epidemiologi: Virus Corona Akan Berakhir Secara Alami

Melakukan protokol kesehatan

stres

Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Untuk itu, Dokter Saelan mengatakan, jangan bosan-bosan untuk melakukan protokol kesehatan kapanpun dan di manapun Anda berada.

"Tetap pakai masker saat keluar rumah, tetap jaga jarak minimal 1-2 meter, jaga kebersihan dengan cara mencuci tangan, dan lain-lain," tuturnya.

Jaga kebugaran fisik dan mental

Menjaga kesehatan fisik dan mental sama pentingnya. Untuk menjaga kesehatan fisik, Anda bisa melakukan olahraga secara teratur.

Sedangkan untuk menjaga kesehatan mental bisa menggunakan mekanisme pertahanan diri atau coping mechanism. Coping mechanism digunakan manusia untuk mengatasi situasi yang tidak nyaman atau stres.

Adaptasi diri

Melakukan adaptasi diri dan lingkungan juga penting untuk dilakukan. Misalnya, jika Anda merasa bosan menggunakan masker terus-menerus, dokter Saelan menyarankan untuk menggunakan masker dengan karakter yang lucu.

"Jadi kalau orang merasa tidak suka terhadap sesuatu dia akan kesal dan stres. Jadi kalau sudah tidak suka memakai masker, coba pakai masker yang gambarnya lucu-lucu. Kan yang tadinya kesal jadi ketawa karena lucu," jelasnya.

Lakukan aktivitas dengan penghayatan

Menghayati sesuatu yang kita kerjakan dapat menghindari diri dari stres. Lakukan pekerjaan dengan penuh penghayatan sebaiknya tanpa melakukan penilaian.

Sleep hygiene

tidur

Sleep hygiene adalah kebiasaan yang membantu Anda untuk tidur nyenyak. Misalnya seperti jangan mengabaikan kelelahan dan segera tidur ketika tubuh memberi tahu Anda sudah siap. Usahakan untuk tidur tepat waktu di jam yang sama. (dwk)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini