Cegah Penyebaran Virus, Kapan Seseorang Harus Gunakan Sarung Tangan?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 481 2243192 cegah-penyebaran-virus-kapan-seseorang-harus-gunakan-sarung-tangan-6RLork6M7K.jpg Gunakan sarung tangan (Foto : Freepik)

Sarung tangan menjadi salah satu benda yang cukup populer pada masa pandemi virus corona Covid-19. Meski disebut tidak begitu efektif dalam mencegah virus corona, namun sarung tangan sangat diperlukan dalam kehidupan manusia.

Dalam beberapa situasi, sarung tangan menjadi salah satu benda wajib yang sangat penting untuk digunakan. Merangkum dari situs resmi CDC, Rabu (8/7/2020), berikut tiga situasi seseorang membutuhkan dan tidak memerlukan sarung tangan untuk melindungi diri.

1. Ketika membersihkan rumah

Sarung tangan akan sangat berguna ketika Anda secara rutin membersihkan atau mendisinfeksi rumah. Ikuti petunjuk yang tercantum pada label produk disinfektan. Beberapa produk menganjurkan untuk menggunakan sarung tangan sebelum menggunakannya. Pastikan Anda mencuci tangan setelah melepas sarung tangan.

Bersihkan Rumah

2. Ketika merawat orang sakit

Sarung tangan juga diperlukan saat memberikan perawatan kepada seseorang yang sakit di rumah atau di lingkungan non kesehatan lainnya. Gunakan sarung tangan sekali pakai saat membersihkan dan mensterilkan area di sekitar orang sakit atau permukaan lain yang mungkin sering disentuh di rumah.

Gunakan sarung tangan sekali pakai saat menyentuh atau melakukan kontak dengan darah, tinja, atau cairan tubuh seperti air liur, lendir, muntah dan urine. Setelah menggunakan sarung tangan sekali pakai, buanglah ke tempat sampah. Jangan desinfeksi atau menggunakan kembali sarung tangan. Pastikan mencuci tangan Anda setelah melepas sarung tangan.

Baca Juga : 5 Tips Catwalk Anggun ala Miss Indonesia 2020 Carla Yules

3. Ketika sarung tangan tidak dibutuhkan

Mengenakan sarung tangan saat berada di luar rumah terkadang tidak terlalu dibutuhkan. Misalnya saat menggunakan keranjang belanja atau menggunakan ATM, tidak akan selalu melindungi seseorang dari Covid-19 dan masih dapat menyebabkan penyebaran kuman. Sebagai gantinya mencuci tangan dengan teratur selama 20 detik dengan sabun atau pembersih tangan yang mengandung 60 persen alkohol.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini