5 Nutrisi Makanan yang Bikin MPASI Bergizi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 481 2243193 5-nutrisi-makanan-yang-bikin-mpasi-bergizi-We0FAH4BgC.jpg Ilustrasi. (Freepik)

SEJAK bayi lahir hingga berusia 6 bulan, asupan nutrisi terbaik untuknya adalah ASI eksklusif. Namun, setelah bayi berusia di atas 6 bulan, MPASI bergizi (makanan pendamping ASI) pun sudah harus diberikan.

Pemberian MPASI bergizi yang dianjurkan tentu saja yang dibuat dari bahan makanan menyehatkan, mendukung tumbuh kembang, serta mudah dicerna bayi. Ada banyak jenis bahan makanan yang dapat diolah menjadi MPASI sehat.

Dilansir Okezone dari akun Instagram @dearmoms.id pada Rabu (8/7/2020), berikut bahan-bahan MPASI bergizi yang baik untuk si kecil. Simak yuk!

Baca Juga: Resep Menu MPASI Daging Sapi untuk Bayi 8-12 Bulan ala Chef William Gozali

Karbohidrat

mpasi

Moms bisa memberikan si kecil karbohidrat melalui beras merah atau putih, kentang, singkong, tepung beras, ubi, dan talas.

Sayuran

Selain karbohidrat, sayuran juga penting agar bayi mendapatkan makanan bergizi seimbang. Berikan jenis sayuran yang cocok untuk bayi seperti wortel, bayam, kubis, kangkung, labu kuning, brokoli, sawi hijau, tomat merah, mentimun, kembang kol, dan oyong.

Protein hewani

Protein hewani bisa mom dapat dari berbagai jenis ikan, telur ayam, daging ayam, daging sapi, hati ayam, keju, yoghurt, serta berbagai jenis seafood.

Protein nabati

Tahu, tempe, kacang-kacangan, alpukat dan juga kacang hijau.

Lemak tambahan

Anda bisa membuat MPASI bergizi dengan tambahan unsalted butter, minyak kanola, ekstra virgin olive oil, minyak kedelai dan salted butter.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini