Studi Menemukan Rokok dan Vape Sama-Sama Tak Baik bagi Kesehatan Tubuh

Rabu 08 Juli 2020 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 481 2243299 studi-menemukan-rokok-dan-vape-sama-sama-tak-baik-bagi-kesehatan-tubuh-rAFzIK0nUA.jpg Merokok (Foto: Pixabay)

Studi terbaru yang dipimpin oleh Dr. Thomas Munzel, kepala kardiologi di Pusat Medis di Universitas Johannes Gutenberg di Mainz, Jerman menemukan merokok dan vape sama buruknya bagi kesehatan. Studi tersebut menjelaskan, merokok dan vape menyebabkan peradangan, dan merusak DNA.

Selain itu, para peneliti mengatakan, merokok dan vape meningkatkan risiko komplikasi Covid-19 yang serius.

Para ilmuwan mengatakan, ini adalah studi besar pertama yang membandingkan tiga bentuk merokok dan vape yakni tembakau, e-rokok, dan water pipe.

 Vape

"Studi ini, bersama dengan banyak penelitian lain, telah menemukan bahwa merokok dan vape menyebabkan kerusakan signifikan pada sistem kardiovaskular dan merusak fisiologi paru-paru yang merusak sistem pernapasan," kata Dr. Osita Onugha selaku direktur laboratorium inovasi bedah di John Wayne Cancer, di Santa Monica, California.

"Mereka semua berbahaya. Rokok lebih banyak dipelajari, jadi ada lebih banyak data untuk menunjukkan semua efek merusak pada tubuh. Vape relatif baru dan belum dipelajari secara ekstensif," sambungnya.

 Baca juga: 4 Pesona Angela Lorenza Model Cantik Keturunan Arab China Pakai Kaos Timnas

Seperti dilansir Sindo News, para ilmuwan menemukan beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa rokok tembakau lebih berbahaya daripada e-rokok. Namun, beberapa penelitian besar menangani efek water pipe, yang juga disebut hookah, shisha, dan narghile.

(DRM)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini