Shisha Dinilai Tak Lebih Sehat dari Merokok

Rabu 08 Juli 2020 18:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 481 2243304 shisha-dinilai-tak-lebih-sehat-dari-merokok-TMz8QGlQZF.jpg Shisha (Foto: Pixabay)

Seorang ahli paru anak di Children's Mercy Hospital di Kansas City, Missouri, Dr. Alvin Singh mengatakan, studi menunjukkan merokok water pipe alias shisha sejatinya tidak kalah berbahaya dari merokok tembakau. Dengan demikian, water pipe juga tidak dapat dianggap sebagai alternatif yang sehat selain merokok termbakau.

"Menghirup uap air memiliki risiko juga, karena Anda masih menghirup bahan kimia yang dipanaskan ke suhu yang lebih tinggi," ujar Dr. Alvin Singh.

 Shisha

Menurut Singh, rokok memiliki lebih banyak bahan kimia, yang jika dipanaskan pada suhu yang lebih tinggi meningkatkan risiko kerusakan yang lebih parah dari waktu ke waktu. Rokok elektrik dipanaskan pada suhu yang lebih rendah, yaitu 400 derajat dibandingkan dengan 700—800 derajat pada rokok.

Seperti dilansir Sindo News, rokok jenis ini masih dapat menyebabkan beberapa cedera. Efek jangka panjang masih belum diketahui, tapi tidak terlihat bagus.

Baca juga: 4 Pesona Angela Lorenza Model Cantik Keturunan Arab China Pakai Kaos Timnas

Intinya merokok shisha dan rokok elektrik sama tak baiknya bagi kesehatan tubuh dan sebaiknya juga dihindari. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, shisa tak baik bagi kesehatan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini