Anak Tidak Disiplin saat Belajar Online? Lakukan Hal Ini Moms

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 11:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 196 2243561 anak-tidak-disiplin-saat-belajar-online-orangtua-bisa-lakukan-ini-X4LBQe0ZRu.jpg Ilustrasi. (Foto: Huffingtonpost)

SUDAH sekira empat bulan anak-anak belajar online di rumah. Mungkin tak sedikit orangtua yang mengeluh anak tidak disiplin saat mengikuti kelas online.

Karena anak-anak mulai merasa bosan, banyak yang memilih belajar sambil tiduran, lebih suka main gadget ketimbang baca buku, atau melakukan aktivitas lainnya pada jam-jam yang seharusnya mereka sekolah. Hal ini bisa dikatakan bahwa anak tidak disiplin.

Menanggapi hal tersebut, Psikolog Anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, SPsi, Psi mengatakan, peran orangtua dibutuhkan untuk mencegah agar anak tidak disiplin. Dalam hal ini, anak-anak perlu diberitahu antara hak dan kewajiban.

Jelaskan kepada anak bahwa mereka diberikan kebebasan bermain dan dipenuhi kebutuhannya orangtua yang disebut sebagai hak. Namun, disamping itu anak juga memiliki kewajiban, seperti salah satunya belajar.

Agar anak lebih mudah paham, lanjut Vera, orangtua bisa membuat jadwal bersama anak sesuai kesepakatan bersama. Orangtua tidak dianjurkan mengambil keputusan sendiri agar anak tidak merasa terintimidasi.

Baca Juga: 5 Nutrisi Makanan yang Bikin MPASI Bergizi

belajar

"Buat jadwal secara bersama-sama dengan anak mengenai kapan dan berapa lama anak boleh bermain. Juga kapan dan berapa lama anak harus belajar. Jangan mengambil keputusan sepihak," jelas Vera.

Setelah jadwal dibuat, orangtua bisa menerapkan dengan tegas dan konsistensi dengan jadwal tersebut. Orangtua juga bisa mengajak anak untuk bersepakat membuat konsekuensi jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh anak.

"Terapkan dengan tegas dan konsisten dengan jadwal tersebut. Sepakati juga konsekuensinya jika ada pelanggaran," pungkasnya.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini