Cara Menghadapi Anak yang Sudah Mulai Bosan Belajar Online

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 09 Juli 2020 18:58 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 09 196 2243650 cara-menghadapi-anak-yang-sudah-mulai-bosan-belajar-online-OaqizZibmi.jpg Orangtua mendampingi anak belajar online (Foto : Parenting)

Pandemi Covid-19 yang tidak kunjung usai berdampak ke berbagai sektor. Tidak hanya sektor kesehatan atau ekonomi, melainkan juga pendidikan.

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai menuntut pemerintah Indonesia mengambil kebijakan belajar dari rumah diperpanjang. Kabarnya, anak-anak diperbolehkan kembali masuk sekolah pada Januari 2021, itupun dengan berbagai catatan dan melihat kondisi.

Mendengar hal tersebut, anak-anak mungkin mulai bosan untuk melaksanakan belajar dari rumah. Jika kejenuhan ini dibiarkan, anak-anak malah bisa menjadi malas belajar.

Kendati demikian, di sinilah peran orangtua dibutuhkan. Psikolog Anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., Psi. mengatakan, situasi seperti ini mau tidak mau memang harus dijalani, orangtua perlu memberikan pemahaman kepada anak.

Belajar Online

"Orangtua bisa bantu anak untuk memahami hal ini. Dalam kondisi darurat seperti ini, mau tidak mau memang harus dijalani. Beri pengertian bahwa ini demi keselamatan anak juga," jelas Vera.

Baca Juga : Resep Dorayaki, Camilan Asal Jepang yang Cocok Jadi Temen Ngopi

Pada dasarnya, lanjut Vera, anak-anak butuh didengar dan dipahami. Jika orangtua rela mendengarkan keluh kesah anak, maka mereka tidak akan merasa sendirian.

"Sangat wajar jika anak bosan. Orangtua pun pasti juga sudah jenuh. Tetapi ketika anak mengeluh, jangan dicela, dengarkan terlebih dahulu, kemudian beri pengertian," tuturnya.

Jika orangtua memberi nasihat saat anak masih mengutarakan keluh kesahnya, mereka cenderung kesal dan tidak mau mendengarkan. Namun, jika orangtua mendengarkan secara penuh baru kemudian berusaha memberi pengertian, anak akan jauh lebih paham.

(hel)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini